5 Tips Lolos Seleksi PPPK Guru, Berikut Ini Kunci Agar Diterima

By | Maret 10, 2021

Berikut ini adalah tips lolos seleksi PPPK yang sebentar lagi akan dibuka oleh pemerintah. Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau disingkat PPPK adalah program yang akan dibuka pemerintah yang mana bila diterima maka seseorang tersebut akan berstatus ASN dengan besaran gaji yang mirip dengan PNS.

Seleksi ini bisa menjadi angina segar utamanya oleh guru. Banyak guru yang sudah mengabdi mengajar namun masih berstatus honorer. Kita tentu tahu bagaimana gaji guru honorer, bisa dibilang sangat kecil jauh dari UMR. Hal tersebut tentu memprihatinkan mengingat besarnya tanggung jawab guru dan spesifikasi yang harus dicapai yakni lulus S1.

lolos seleksi PPPK
ASN via goodnewsfromindonesia.id

Pada seleksi PPPK telah dicanangkan untuk merekrut kurang lebih 1 juta guru secara bergelombang. Dengan akan dibukanya program ini tentunya akan disambut baik. Tetapi untuk lolos seleksi PPPK dan diterima perlu persiapan yang matang. Kita harus bisa bersaing dengan guru-guru lainnya. Lalu apa saja tips lolos seleksi PPPK guru? Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

Tips lolos seleksi PPPK guru

Mempelajari materi

Program ini merupakan sistem seleksi dimana bagi seseorang yang memperoleh skor terbaik atau memenuhi syarat akan diterima. Oleh karena itu perlu adanya persiapan menghadapi seleksi yakni mempelajari materi-materi yang akan keluar. Kabar baiknya Kemdikbud memberikan solusi yakni materi yang bisa diakses dan dipelajari di situs guru belajar dan berbagi. Bagi anda yang belum mendaftar jangan lupa untuk mendaftar agar bisa mengakses materi dan latihan soal.

Perbanyak berlatih soal

Cara agar lolos seleksi PPPK guru selanjutnya adalah memperbanyak latihan soal secara mandiri. Mengenai soal-soal tentang bidang studinya atau soal lainnya yang diujikan. Hal ini agar kita terlatih dalam pengaturan waktu dan mempercepat kemampuan kita menganalisa soal.

Baca Juga  5 Macam Metode Pembelajaran: Kelebihan dan Kekurangannya.

Masuk grup-grup yang bermanfaat

Dalam mempersiapkan seleksi ada baiknya untuk masuk grup-grup yang mengulas tentang PPPK. Selain bisa berdiskusi dengan orang lain, kita juga bisa mengupdate informasi-inforomasi mengenai program tersebut sehingga kita tidak ketinggalan.

Mengikuti simulasi soal

Kita juga bisa mengikuti simulasi soal yang umumnya banyak diadakan oleh pihak-pihak atau lembaga bimbingan tertentu. Tidak harus simulasi soal yang berbayar karena banyak juga lembaga yang mengadakan secara gratis mungkin hanya mensyaratkan memfollow akun tertentu atau membagikan informasi ke orang lain. Itu juga manfaat yang bisa kita peroleh saat mengikuti grup-grup.

tips lolos seleksi pppk guru
infografik tips lolos seleksi pppk guru

Perbanyak berdoa

Tips terakhir adalah perbanyak berdoa. Dengan berdoa, selain berkomunikasi dengan Tuhan, melalui doa akan membuat kita akan menjadi lebih tenang yang mana akan menghasilkan energi positif yang bisa membuat kita lebih dekat mencapai keinginan atau harapan kita.

Itulah tadi beberapa tips agar lolos PPPK guru, semoga artikel ini bermanfaat. Sukses juga untuk anda yang ingin bercita-cita menjadi ASN.