Peluang PPPK Guru SLB Atau Jurusan PLB Tahun 2021

By | Maret 8, 2021

PPPK guru SLB bisa menjadi solusi bagi pendidik sekolah luar biasa ataupun seseorang yang sudah lulus program studi pendidikan luar biasa (PLB) dan terdaftar di Dapodik. Hal tersebut tentunya sangat dinanti karena bila lolos maka akan berstatus ASN dan berhak untuk mendapatkan penghasilan yang layak. Dimana kita tahu gaji guru honorer saat ini sangat memprihatinkan.

Sekedar informasi bahwa sebentar lagi Pemerintah akan membuka lowongan PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Program PPPK ini akan merekrut guru-guru dari berbagai latar belakang ilmu, termasuk PPPK guru SLB. Bagi anda yang berminat jangan lupa untuk terus mengupdate informasi agar tidak ketinggalan.

pppk guru slb
Ilustrasi ASN via goodnewsfromindonesia.id

Mungkin bila anda adalah guru SLB yang masih berstatus honorer bertanya-tanya bagaimana kesempatan penerimaan pada bidang tersebut?, melalui artikel ini penulis akan menguraikan kemungkinan yang ada. Dalam artikel penulis ingin menegaskan bahwa tulisan ini bersifat analisa dan gambaran saja sehingga tidak bisa menjadi patokan. Oleh karena itu selengkapnya simak saja artikel ini hingga selesai.

Jumlah guru yang direkrut

Program PPPK akan merekrut kurang lebih 1 juta guru dalam beberapa gelombang. Dari informasi tersebut memang sangat banyak, tetapi yang perlu dipahami bahwa lowongan tersebut untuk semua guru seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Geografi, Fisika, guru SLB dan masih banyak lagi guru program studi lainnya.

Dari gambaran tersebut saja maka pada akhirnya mungkin menjadi tidak sebanyak apa yang kita bayangkan. Ada program studi yang lebih banyak dibutuhkan, ada pula yang bahkan sangat sedikit dengan lulusan yang sudah banyak pula. Oleh karenanya bila kita ingin lolos tentu harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Peluang guru SLB

Lalu bagaimana peluang guru SLB?. Sekedar gambaran bahwa SLB Negeri umumnya berada di tingkat Kabupaten sehingga  jumlahnya tidak banyak di tiap Provinsi. Berkaca pada penerimaan CPNS tahun sebelumnya bahwa setiap SLB umumnya hanya dibutuhkan 1 sampai 2 guru saja. Dari data tersebut penulis memprediksi Lowongan PPPK Guru SLB pada tahun ini pada akhirnya mungkin kurang lebih sama saja.

Baca Juga  5 Alasan Pentingnya Jadwal Aktivitas Rutinitas Harian Untuk ABK

Guru Yang Banyak Dibutuhkan

Bagi anda yang penasaran guru apa yang akan banyak dibutuhkan, maka bila berkaca dari penerimaan CPNS tahun sebelumnya bisa jadi sama saja yakni guru SD atau PGSD. Kenapa demikian? Karena sekolah SD di Indonesia sangat banyak hampir di setiap dusun ada. Sehingga penerimaan guru pada formasi ini juga akan banyak.

Demikian tadi prediksi lowongan PPPK Guru SLB Atau Jurusan PLB. Sekali lagi bahwa tulisan ini adalah opini penulis pribadi dan hanya untuk menambah informasi saja. Bagi anda yang ingin menjadi ASN namun gagal di seleksi CPNS maka program ini bisa menjadi solusinya. Semoga apa yang anda cita-citakan bisa terwujud.