6 Fakta Tentang Tunarungu Yang Perlu Anda Tahu

By | Juni 29, 2021

Berikut ini adalah fakta tentang tunarungu yang mungkin anda belum ketahui. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan lebih dalam mengenai anak yang mengalami hambatan pendengaran, sehingga masyarakat tidak memandang dengan sebelah mata.

Fakta Tentang Tunarungu

fakta tentang tunarungu
Ilustrasi anak tunarungu

1. Terbagi menjadi hard of hearing dan total

Tunarungu hard of hearing merupakan seseorang yang masih memiliki sisa pendengaran yang bisa diperjelas dengan bantuan alat bantu dengar, sedangkan tunarungu total merupakan seseorang yang tidak memiliki sisa pendengaran sama sekali.

Baca Juga: Media pembelajaran untuk tunarungu

2. Dapat melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi

Tunarungi tidak mengalami masalah pada kemampuan kognitif. Karena itu banyak dari mereka yang melanjutkan kuliah di perguruan tinggi setelah menyelesaikan SMALB. Namun untuk masuk ke perguruan tinggi harus diperhatikan juga jurusan yang dipilih, karena tidak semua jurusan menerima siswa disabilitas.

3. Tunarungi dapat dilatih untuk berbicara

Tunarungu mengalami masalah dalam indera pendengaran. Walaupun begitu, mereka bisa lho dilatih untuk mengeluarkan suara bila tidak mengalami masalah pada organ wicara. Dulu penulis pernah melaksanakan PPL atau praktek lapangan di SLB, dan disana anak tunarungu belajar PKPBI kemudian dalam pembelajaran sehari-hari anak dipancing untuk mengeluarkan suara sejak masih kelas kecil.

4. Dapat dilatih untuk menguasai berbagai keterampilan

Di SLB anak tunarungu dilatih berbagai keterampilan. Keterampilan yang dilatihkan pada mereka dari hal sederhana seperti kemadirian hingga pada siswa kelas SMALB seperti keterampilan menari, membatik, desain, sablon, salon, busana, kecantikan, dan keterampilan lainnya.

5. Tunarungi bisa menjadi orang yang sukses

Angkie Yudistia adalah salah satu dari sekian banyak contoh bahwa tunarungu bisa menjadi orang sukses. Ia sejak muda sukses menjadi CEO hingga memiliki karir yang cemerlang yakni menjadi staff khusus presiden. Selain Angkie, masih banyak tunarungu lainnya yang sukses berkarir baik menjadi karyawan atau wirausaha.

Baca Juga  5 Merk Alat Bantu Dengar Yang Bagus Untuk Hambatan Pendengaran

Baca Juga: Tips memilih alat bantu dengar tunarungu

6. Dapat dikembangkan berkomunikasi dengan Bahasa isyarat

Sebagai dampak dari hambatan pendengaran, tunarungu total sejak dini bisa dilatih untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa isyarat atau gerak tangan. Umumnya ketika besar mereka berinteraksi memadukan Bahasa isyarat, oral, dan mimik wajah.