5 Fakta Tentang Tunalaras Yang Perlu Untuk Anda Ketahui

By | Juni 30, 2021

Fakta tentang tunalaras berikut ini semoga bisa membuka wawasan anda terhadap mereka. Tunalaras yang berasal dari kata tuna yang berarti rugi atau rusak dan laras yang berarti perilaku, merupakan seseorang yang mengalami hambatan perkembangan sosial.

Seseorang yang mengalami ketunalarasan dapat ditandai yakni dimana suka menyerang orang lain (agresif), suka marah, cemas berlebihan, depresi, maupun melakukan perilaku yang menyimpang dari norma sosial pada taraf yang tidak seperti anak pada umumnya.

Lalu apa saja sih fakta mengenai tunalaras? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk anda.

Fakta Tentang Tunalaras

Anak Tunalaras
Ilustrasi Anak Tunalaras

1. Memiliki perilaku yang menyimpang norma sosial dengan intensitas tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang tunalaras memiliki perilaku yang menyimpang dari norma sosial yang berlaku di masyarakat. Sejak kecil anak tunalaras bisa berperilaku menyerang temannya (agresif), kemudian juga timbul perilaku buruk lainnya seperti mencuri, tidak memiliki empati, hingga ada yang anti sosial maupun kecemasan berlebih.

Baca Juga: Pengertian tunalaras menurut ahli

2. Sulit bersosialisasi dengan teman-temannya

Perilaku buruk yang terjadi pada anak tunalaras tentunya berdampak pada aspek sosial. Anak tunalaras cenderung sulit memiliki teman dan dijauhi teman-temannya karena takut dengan perilaku buruk yang diterima.

3. Bisa dilatih keterampilan tertentu

Walaupun memiliki perilaku yang buruk, tetapi anak tunalaras bisa dikembangkan keterampilan. Beberapa keterampilan yang berkaitan dengan kemandirian seperti mandi, mencuci baju, memakai pakaian, hingga keterampilan membuat kerajinan bisa dilatihkan pada mereka.

4. Perilaku buruk yang terjadi dapat diminimalkan

Umumnya anak tunalaras bersekolah di sekolah khusus yang hanya menerima siswa tunalaras. Disana mereka dilatih akademik dan keterampilan-keterampilan. Kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan metode yang sesuai untuk menangani anak dan juga pemberian terapi perilaku untuk mengurangi perilaku buruk anak.

Baca Juga  6 Upaya Untuk Mengurangi Perilaku Hiperaktivitas Pada Anak

Baca Juga: Cara mengajar anak tunalaras

5. Tunalaras bisa sukses

Dengan penanganan dan layanan khusus yang baik sejak dini bukan tidak mungkin anak tunalaras bisa sukses. Karena penanganan yang tepat sejak dini bisa membuat perilaku buruk anak bisa dikurangi sehingga ketika sudah dewasa dapat bersosialisasi dengan baik dan bisa bekerja di bidang yang disukai.