5 Alasan Pentingnya Mendidik Anak Sesuai Usia Perkembangan

By | Januari 18, 2021

Setiap anak pasti akan mengalami tahap tumbuh kembang sesuai dengan usianya. Supaya perkembangan anak berjalan secara optimal maka dibutuhkan kesadaran bagi setiap orang tua untuk mendidik anak sesuai usia. Sebab mendidik anak merupakan bentuk stimulasi sesuai usia perkembangannya sehingga anak-anak bisa tuntas menyelesaikan setiap tahap tumbuh kembangnya.

Selain itu, orangtua juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi anak sesuai usia perkembangannya. Dengan demikian perpaduan antara nutrisi serta stimulasi sesuai usia perkembangan anak maka dapat menciptakan generasi yang berprestasi.

mendidik anak sesuai usia perkembangan
ilustrasi anak sedang berlari via factsmgt.com

Pentingnya Mendidik Anak Sesuai Usia

Pendidikan pertama seorang anak adalah di dalam keluarganya. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting untuk mendidik anak dalam berbagai bidang untuk mendukung tumbuh kembangnya. Para orang tua sebaiknya perlu menyadari bahwa mendidik anak sesuai usia merupakan hal yang penting karena beberapa alasan berikut ini:

1. Menjadi Pondasi Bagi Masa Depan Anak

Mendidik anak sesuai umur dengan baik maka akan menjadi suatu pondasi bagi diri seorang anak. Dimana pondasi tersebut akan membentuk kepribadian dan masa depan yang lebih cerah. Terlebih setiap anak memiliki masa keemasan yang sudah seharusnya digunakan sebaiknya mungkin oleh orang tua untuk menanamkan hal-hal yang baik kepada anak.

Melalui pendidikan dari orang tua maka seorang anak akan belajar untuk mengolah kemampuan kognitif, sosial serta mempersiapkan diri dalam memasuki usia perkembangan selanjutnya.

Baca Juga: Pengertian Metode Role Playing

2. Membangun Karakter Seorang Anak

Dengan mendidik anak secara perlahan akan membantu membentuk karakter anak tersebut. Sebab saat orang tua mendidik anak sejak usia dini maka anak-anak tersebut akan dilatih agar memiliki kepribadian yang baik seperti harapan orang tua maupun keluarga.

Baca Juga  8 Mainan Edukatif Untuk Balita yang Bermanfaat dan Disarankan

3. Memaksimalkan Potensi

Setiap orang tua perlu tahu bahwa masing-masing anak pasti mempunyai potensi serta karakter yang berbeda. Melalui pendidikan dari orang tuanya maka potensi dan karakter anak dapat dimaksimalkan. Selain itu, mendidik anak sesuai usia juga akan membantu anak memperoleh pendidikan sejak dini yaitu pendidikan dalam keluarga. Dengan demikian anak-anak tersebut akan memiliki peluang hidup lebih mandiri serta berkesempatan mengoptimalkan potensinya.

4. Untuk Meningkatkan Taraf Hidup

Mendidik anak sesuai usia akan membantu anak-anak memperoleh kehidupan yang lebih baik. Sebab anak-anak akan berhasil melalui setiap tahap tumbuh kembangnya sehingga membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan siap menghadapi berbagai masalah.

Meski manfaat ini tidak bisa terlihat dalam waktu dekat, namun seiring berjalannya waktu akan membentuk pribadi yang tangguh dan memiliki taraf hidup lebih baik.

5. Menurunkan Angka Kejahatan

Selama ini banyak fakta membuktikan bahwa anak-anak yang terdidik dengan baik oleh kedua orangtuanya maka anak-anak tersebut akan mempunyai kemungkinan lebih kecil melakukan tindakan kriminal. Berbeda halnya dengan anak-anak yang kurang memperoleh pendidikan serta kasih sayang dari orang tuanya maka akan tumbuh menjadi pribadi yang kurang baik.

Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya berlaku pada setiap anak, namun dengan mendidik anak sesuai usia maka akan membantu menurunkan angka kejahatan. Sebab sejak kecil anak-anak sudah ditanamkan nilai-nilai yang baik serta belajar untuk menjauhi perilaku-perilaku buruk dan merugikan.

Baca Juga: Pengertian metode mind mapping

Para orang tua perlu menyadari bahwa mendidik anak sudah seharusnya dilakukan sedini mungkin. Sebab hal tersebut akan bermanfaat bagi tumbuh kembang serta masa depan anak.

Selain itu, mendidik anak tidak hanya berhenti sampai mereka memasuki usia sekolah saja melainkan harus terus dilakukan oleh orang tua di setiap usia perkembangan anak. Dengan demikian anak-anak akan menjadi pribadi yang mandiri, tangguh dan cerdas.