Guru PLB Susah Jadi PNS? Berikut Ini 5 Fakta Lengkapnya

By | Februari 6, 2021

Guru PLB susah jadi PNS? Mungkin hal tersebut menjadi pertanyaan seseorang ketika ingin masuk jurusan PLB. Tentunya tujuan orang berbeda-beda ada yang ingin mengabdikan diri menjadi guru SLB di sekolah manapun tanpa harus menjadi pegawai Negeri, ada yang ingin bekerja di pusat terapi, tetapi ada pula yang memang tujuannya dari awal untuk menjadi PNS guru SLB, yang jelas beberapa alasan tersebut benar dan tidak ada yang salah.

Untuk anda yang sebentar lagi masuk perguruan tinggi di jurusan PLB, dan bertanya apakah susah menjadi PNS di jurusan tersebut, melalui artikel ini penulis akan membeberkan fakta-faktanya yang mana penulis adalah lulusan pendidikan luar biasa dan telah dua kali mengikuti seleksi CPNS yang diadakan oleh pemerintah.

guru plb susah jadi pns?
guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) via jpnn.com

Apakah guru PLB susah jadi PNS? Berikut ini adalah fakta-fakta yang bisa menjadi pertimbangan

Hanya sekolah negeri yang menerima CPNS

Bila dulu guru PNS bisa mengajar di sekolah-sekolah swasta, untuk saat ini pada seleksi CPNS guru-guru hanya akan ditempatkan di sekolah Negeri. Jadi jangan dibayangkan bahwa setelah lulus jurusan PLB bisa mendaftar CPNS di SLB swasta. Semua sudah ada aturan dan ketentuan dari pemerintah.

SLB Negeri umumnya ada di tingkat Kabupaten/Kota

Hal ini perlu diketahui bahwa SLB Negeri biasanya di tingkat Kabupaten ataupun Kota hanya terdapat satu sampai tiga SLB. Apabila terdapat seleksi CPNS setiap instansi SLB membutuhkan satu sampai paling banyak empat orang, berbeda misal dengan SD umum yang hampir di setiap Desa ada, dan SMP dan SMA yang hampir setiap Kecamatan memiliki.

Mulai Banyak Universitas yang membuka jurusan PLB

Sekarang ini sudah mulai banyak Universitas yang membuka jurusan PLB, walaupun memang tidak sebanyak jurusan lainnya. Dengan semakin banyaknya perguruan tinggi yang membuka jurusan PLB maka akan semakin banyak pula orang lulusan program studi tersebut yang mana pasti terdapat banyak orang yang ingin menjadi PNS pula.

Baca Juga  RPP K13 Tunadaksa Kelas II SDLB Tema Keluargaku Di SLB

Sudah banyak lulusan PLB di Indonesia

Tidak dipungkiri saat ini sudah banyak lulusan PLB di Indonesia. Pengalaman penulis ketika mendaftar CPNS PLB dengan memilih instansi di salah satu SLB di Bali. Pada instansi tersebut dibutuhkan sebanyak empat orang namun yang mendaftar ada delapan puluh lebih orang sehingga kita harus bersaing.

Di Jawa persaingan lebih ketat lagi dikarenakan faktor banyaknya penduduk. Ya walaupun ada yang satu SLB yang memiliki pesaing sangat sedikit tapi itu sangat jarang dan biasanya ada di luar pulau Jawa.

infografik guru plb susah jadi PNS?

Seleksi CPNS sangat ketat dan tidak mudah

Jangan kira seleksi CPNS mudah ya, hal tersebut tentu tidak tepat. Seleksi CPNS oleh pemerintah sangat ketat, yang mana perlu persiapan yang matang antara lain dengan belajar, latihan soal sehingga dapat mengerjakan soal dengan baik. Sistem seleksinya untuk guru yakni SKD atau seleksi kopetensi dasar, dan bila lolos akan masuk SKB atau seleksi kopetensi bidang.

Itu tadi artikel mengenai apakah guru PLB susah menjadi PNS?. Penulis sengaja tidak menyimpulkan dan biarkan anda para pembaca yang menyimpulkan. Tentunya yang jelas dengan usaha dan kegigihan semua tidak ada yang tidak mungkin.