6 Pengertian Metode Demonstrasi Menurut Para Ahli

By | Juli 4, 2020

Kali ini penulis membagikan tentang pengertian metode demonstrasi, jenis metode ini termasuk sangat populer karena dapat mempermudah dalam menjelaskan sesuatu, selain itu peserta didik atau peserta misal dalam pelatihan dapat menerima materi dengan lebih mudah.

Contoh penggunaan metode ini misalnya kita sering menjumpai Chef ketika mengajarkan tentang teknik memasak atau dalam memasak makanan. Selain peserta dapat melihat secara langsung prosesnya, namun bahkan juga bisa langsung mencicipi masakannya. Hal itu hanya salah satu contoh, masih banyak contoh lainnya utamanya dalam bidang pendidikan dimana guru mengajarkan siswanya.

pengertian metode demonstrasi
pengertian metode demonstrasi via nappyvalleynet.com

Berikut ini adalah pengertian metode demonstrasi menurut para ahli.

Berdasarkan pendapat Rusminiati (2007: 2) metode demonstrasi merupakan peragaan pada suatu peristiwa, maupun tingkah laku yang dicontohkan supaya peserta didik atau siswa dalam suatu kelas dapat memahami dengan mudah.

Berdasarkan pendapat Roestiyah, N (2008: 80), menjelaskan bahwa metode demonstrasi adalah salah satu metode mengajar dimana guru atau narasumber menunjukkan atau memperagakan suatu proses kepada peserta didik atau sisiwa.

Menurut Sanjaya, W ( 2006: 152) menguraikan bahwa metode demonstrasi merupakan metode dalam pembelajaran dengan menunjukkan kepada sisiwa tentang proses, situasi, maupun benda tertentu baik asli maupun tiruan. Dengan metode ini siswa dapat dengan lebih mudah menerima materi karena lebih kongkret.

Berdasarkan pendapat Daryanto (2009:403), metode demonstrasi adalah cara menyajikan bahan pembelajaran dengan menampilkan atau memperagakan kepada peserta didik yang sering disertai penjelasan secara lisan.

Menurut pendapat Syaiful Bahri (2008: 210), metode demonstrasi menampilkan proses suatu benda maupun peristiwa yang dicontohkan oleh guru atau pengajar sehingga peserta didik dapat memahami dengan lebih mudah. metode ini dipakai untuk mempertunjukkan sebuah proses atau bagaimana suatu benda bisa bekerja yang berkaitan dengan bahan pembelajaran.

Baca Juga  Token Ekonomi: Agar Anak Berkebutuhan Khusus Patuh

Menurut pendapat Muhibbin Syah (2005: 208), pengertian metode demonstrasi adalah metode menhgajar dengan memperagakan kejadian, aturan, atau urutan proses, dengan menggunakan media yang relevan dengan materi yang dibahas.

Baca Juga: Pengertian Metode Drill Menurut Para Tokoh Ahli

Dari berbagai pengertian diatas maka dapat ditegaskan bahwa pengertian metode demonstrasi adalah cara mengajar kepada sisiwa atau peserta didik dimana guru memperagakan ataupun memperlihatkan proses dalam kegiatan sesuatu sehingga peserta dapat memahami materi dengan lebih mudah dan jelas.

Daftar Pustaka:

Daryanto. 2009. Demonstrasi Sebagai Metode Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Jakarta: Raya Grafindo Perkasa

Rusminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

Roestiyah N. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat. Baca juga artikel tentang metode pembelajaran seperti metode praktik menurut ahli. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Terima Kasih.

One thought on “6 Pengertian Metode Demonstrasi Menurut Para Ahli

  1. Pingback: 5 Pengertian Metode Ceramah Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *