4 Pengertian Metode Praktik Berdasarkan Pendapat Para Ahli

By | Januari 15, 2020

Berikut ini adalah beberapa pengertian metode praktik yang dikemukakan oleh beberapa ahli di bidangnya, lalu apa sajakah pengertian metode tersebut langsung saja sebagai berikut:

Pengertian Metode Praktik
Metode Praktik via inc.com

1. Pengertian Metode Praktik Menurut Hamzah

Menurut pendapat Hamzah, (2008: 200), Belajar praktik adalah belajar keterampilan yang membutuhkan gerakkan motorik, pelaksanaan pembelajaran dilakukan di tempat kerja/ lapangan. Berdasarkan pendapat Hamzah tersebut, maka belajar praktik adalah suatu proses pembelajaran yang melibatkan kemampuan motorik atau gerak di tempat kerja atau lapangan.

2. Pengertian Praktik Berdasarkan Pendapat Sudjana

Berdasarkan pendapat Sudjana (2005: 157-158) yakni metode dalam pembelajaran yang digunakan dengan tujuan melatih serta meningkatkan  kemampuan  peserta  didik  dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh untuk dilakukan di kehidupan nyata atau lapangan, pekerjaan, atau tugas yang sebenarnya.

Dari pendapat tersebut dapat ditegaskan bahwa metode praktik adalah  metode pembelajaran untuk melatih peserta didik dengan tujuannya meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dipelajari.

3. Pengertian Praktik Menurut Roestiyah

Berdasarkan pendapat Roestiyah, (2001: 88), Teknik penyajian kerja lapangan/ praktik lapangan yaitu cara mengajar dengan mengajak siswa ke suatu tempat di luar sekolah, dengan tujuan tidak hanya mengadakan pengamatan (observasi) dan peninjauan saja, tapi lebih dari itu peserta didik secara aktif langsung berpartisipasi ke lapangan kerja, supaya siswa mampu memahami sendiri dan mengadakan penyelidikan dan bekerja sendiri di dalam pekerjaan yang ada di masyarakat.

Berdasarkan pendapat Roestiyah tersebut, maka metode praktik adalah cara mengajar siswa melalui praktik langsung di lapangan dengan melibatkan siswa secara aktif terlibat dalam  kegiatan di lapangan. Pembelajaran    praktik  bertujuan supaya  peserta didik lebih  mengetahui  prosedur kerja serta lebih mandiri.

Baca Juga  Mahasiswa Akhir: 8 Tips Menulis Skripsi Agar Cepat Selesai

4. Pengertian Praktik Menurut David  A.  Jacobsen,  Paul  Eggen,  dan  Donald  Kauchak

Menurut David  A.  Jacobsen,  Paul  Eggen,  dan  Donald  Kauchak (2009: 203) Metode praktik dibagi menjadi dua yakni metode praktik terbimbing dan praktik mandiri.  Praktik terbimbing merupakan metode praktik dalam pembelajaran, guru memberikan umpan balik agar siswa mengetahui  cara  praktik  sesuai  dengan  materi  yang  telah  dijelaskan. Sedangkan praktik mandiri yakni metode pembelajaran dengan memberikan kesempatan siswa untuk melakukan praktik secara mandiri.

Dari berbagai teori diatas dapat ditegaskan bahwa metode praktik adalah suatu teknik pembelajaran yang memiliki tujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dengan menerapkan keterampilan yang telah dimiliki peserta didik dalam suatu kegiatan nyata.

Baca Juga: Pengertian Metode Drill (latihan berulang)

Daftar Pustaka:

A. Jacobsen, Paul Eggen, dan Donald Kauchak. (2009). Methods for Theaching Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana. (2005). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah  B.  Uno.  (2008).  Model  Pembelajaran  Menciptakan  Proses  Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *