4 Pengertian Media Pop Up Berdasarkan Pendapat Para Ahli

By | November 23, 2018

Media memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran. Media merupakan penghubung bagi peserta didik agar materi dapat dengan mudah dipahami. Arsyad (2011: 29-32), mengemukakan beberapa jenis media antara lain:teknologi cetak, teknologi audio-visual, teknologi berbasis komputer, dan teknologi gabungan.

Ilustrasi pop up via ohhappyday.com

Lebih khusus salah satu jenis media teknologi cetak yakni media Pop Up yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Baca Juga  10 Tips Agar Anak Anda Tidak Lagi Kecanduan Game

1. Ann Montanaro dalam (Aulia Azmi Masna2015: 12) menjelaskan bahwa sekilas Pop up mirip dengan origami dimana kedua seni ini menggunakan teknik melipat kertas. Buku Pop Up memiliki kelebihan tersendiri dari media lainya diantaranya seperti menampilkan bentuk yang dibuat dengan melipat dan memiliki dimensi.

2. Dzuanda (2011: 1), mengemukakan pengertian  buku Pop Up yakni sebuah buku yang mempunyai bagian yang dapat  bergerak atau memiliki unsur 3 dimensi serta memberikan visualisasi cerita yang lebih menarik, mulai dari tampilan gambar yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka.

3. Joko Muktiono (2003: 65), buku Pop Up adalah sebuah buku yang memiliki tampilan gambar yang bisa ditegakkan serta membentuk obyek-obyek yang indah dan dapat bergerak atau memberi efek yang menakjubkan.

4. Nancy dan Rondha (2012:1),pop-up book is a book thatoffers the potential for motion and interactive through the use of paper mechanisms such as fold, scrolls, slides, tabs, or wheel. Maksudnya adalah buku yang menawarkan gerakan serta interaktif melalui penggunaan mekanisme kertas seperti lipatan, gulungan, slide, tab, atau putaran.

Baca Juga  Guru Hebat Itu Seperti Apa? Lihat 5 Indikator Berikut

Daftar Pustaka:

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Aulia Azmi Masna. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Pop_Up Mata PelajaranIPA Untuk Anak Tunarungu Kelas IV SDLB B di Yogyakarta. Skripsi. FIPUNY

Dzuanda. 2011. Design Popup Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca?. JurnalLibrary ITS Undergraduate, (Online), (http; //library,its.undergraduate,ac.id, diakses pada 10 Oktober 2015).

Joko Muktiono. 2003. Menumbuhkan Minat Baca  Pada Anak. Jakarta: PT. ElexMedia Komputindo.

Demikian artikel ini semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa pula berbagi apabila artikel ini bermanfaat. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *