7 Latihan Kewirausahaan bagi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

By | Januari 21, 2021

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) terkadang dianggap sebelah mata termasuk dalam bidang pendidikan formal. Padahal ABK juga memiliki hak yang sama dalam mengikuti pendidikan di jenjang sekolah dan tidak berbeda jauh dengan anak-anak normal lainnya.

Namun berdasarkan Peraturan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan bahwa standar isi dari SMALB yaitu memuat bidang akademik sebesar 40% dan bidang keterampilan sebesar 60%. Atas dasar itulah maka layanan pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) difokuskan pada kewirausahaan bagi ABK.

kewirausahaan bagi ABK
ilustrasi anak sedang berjualan via www.ourxplor.com

Latihan Kewirausahaan Bagi ABK

Anak Berkebutuhan Khusus memang membutuhkan perhatian yang berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya. Akan tetapi bukan tidak mungkin seorang ABK bisa menjadi mandiri dan belajar berwirausaha.

Untuk itulah melalui latihan kewirausahaan bagi ABK maka diharapkan dapat memberikan makna dalam kehidupan para ABK. Sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan kewirausahaan pada ABK maka pemerintah juga memberikan bantuan bagi pengembangan kewirausahaan para ABK.

Berikut ini 7 contoh latihan kewirausahaan untuk ABK yang mulai diterapkan di jenjang pendidikan.

1. Tata Boga

Latihan kewirausahaan bagi ABK yang pertama yaitu berupa latihan keterampilan tata boga. Dalam kegiatan ini, para ABK akan diajak berlatih membuat aneka jajanan basah ataupun kering sesuai dengan selera pasar.

Bahkan seiring berjalannya waktu, keterampilan tata boga tersebut ditingkatkan mengikuti kemajuan zaman seperti membuat pizza mini dan roti. Selain itu, ABK juga diajarkan dan dilatih kemandiriannya dari proses produksi hingga pemasarannya.

Baca Juga: Pengalaman mengikuti jambore pramuka anak berkebutuhan khusus

2. Gantungan Kunci

ABK bisa dilatih untuk membuat gantungan kunci dengan menggunakan bahan yang beragam mulai dari kayu, kain flanel hingga campuran lem kayu dan tepung. Latihan kewirausahaan bagi ABK ini dilakukan dengan proses yang cukup mudah sesuai dengan desain gantungan kunci.

Baca Juga  Kajian Teori: 6 Pengertian Autis Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Saat ini sudah banyak SLB yang memberikan latihan pembuatan gantungan kunci bagi ABK. Nantinya gantungan kunci yang sudah bagus sudah bisa untuk dijual.

3. Parcel

Membuat dan menghias parcel merupakan salah satu latihan kewirausahaan bagi ABK yang berpeluang bagus. Sebab saat ini banyak orang yang membutuhkan parcel untuk hantaran maupun seserahan. Melalui latihan pembuatan parcel ini diharapkan para ABK bisa menguasai keterampilan yang dapat mendatangkan penghasilan di masa mendatang.

4. Menjahit

Menjahit merupakan keterampilan yang wajib dilatihkan bagi ABK di Sekolah Luar Biasa. Biasanya para ABK akan dilatih keterampilan menjahit paling dasar seperti membuat sarung bantal, kain lap, taplak meja dan baju.

5. Batako

Latihan kewirausahaan bagi anak berkebutuhan khusus yang selanjutnya yaitu membuat batako. Namun pembuatan batako tersebut dilakukan dengan menggunakan mesin khusus sehingga prosesnya menjadi semakin mudah bagi ABK. Meski begitu, selama proses latihan berlangsung sebaiknya para ABK tetap didampingi oleh guru karena harus mengoperasikan mesin.

6. Membatik

Membatik memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Akan tetapi ternyata latihan membuat batik merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi ABK. Tak heran beberapa SLB di Indonesia sudah melaksanakan pembelajaran membatik bagi para siswanya. Para ABK diberikan kebebasan untuk berkreasi membuat berbagai corak batik sesuai keinginan mereka.

7. Pertukangan

Latihan pertukangan ternyata juga bagus dilatihkan kepada para ABK terutama untuk jenjan SMALB. Pada latihan kewirausahaan bagi ABK satu ini, ABK yang memiliki potensi pertukangan akan dilatih mencampur bahan bangunan, membuat tembok dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh soal progsus bina diri

Latihan kewirausahaan bagi anak berkebutuhan khusus memang penting untuk diajarkan bagi siswa. Sebab hal ini bisa membantu mengatasi keterbatasan yang dialami oleh anak tersebut yang membuat mereka tidak memungkinkan diarahkan di bidang akademik.

Baca Juga  Berikut Ini Universitas Yang Membuka Jurusan PLB Di Yogyakarta

Melalui latihan tersebut diharapkan setiap ABK bisa menghasilkan produk yang kelak bisa menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.