5 Hal Yang Sebaiknya Dihindari Guru Muda Dalam Mengajar Siswa

By | Juli 5, 2018

Banyak orang bercita-cita untuk menjadi seorang guru. Ada berbagai alasan mengapa seseorang ingin menjadi guru seperti menyukai anak-anak, suka berbicara di depan orang, atau bisa juga karena seseorang mengidolakan sosok guru ketika ia masih sekolah. Untuk menjadi guru seseorang harus menempuh pendidikan yang pada saat ini biasanya paling tidak sudah menempuh jenjang pendidikan S1 program studi tertentu.

Ilustrasi guru muda via young-germany.de

Setiap orang yang sudah menyelesaikan pendidikan dan telah diwisuda tentu telah siap untuk mengabdikan ilmunya untuk kemajuan bangsa. Tetapi walaupun telah menempuh PPL di sekolah semasa kuliah, bagi guru muda pengalaman di lapangan yang masih sedikit masih harus terus belajar agar kemampuan mengajar menjadi lebih terasah.

Pada artikel ini penulis akan membagas mengenai hal-hal apa saja yang perlu dihindari oleh guru muda dalam mengajar semoga bermanfaat.

1. Mengajar tanpa persiapan

Persiapan adalah kunci via sdwrec.co.uk

Bagi seorang guru persiapan merupakan hal yang sangat penting. Sehingga sebaiknya hindari mengajar siswa tanpa adanya persiapan yang matang. Persiapan yang dilakukan guru seperti menyusun RPP, bahan ajar, media, dan evaluasi wajib dilakukan agar materi apa yang disampaikan dapat terukur.

2. Salah memilih pakaian dan tidak rapi

Menghindari berpakaian tidak rapi via eduinreviewblog.com

Guru muda tentu harus menghindari berpakaian yang tidak rapi atau salah dalam memilih pakaian yang digunakan dalam mengajar. Hal tersebut bisa saja terjadi apalagi efek ketika masih kuliah yang biasanya menggunakan pakaian hem berbagai motif dan celana jeans.

3. Mengajar tanpa memberi contoh

Tidak hanya bicara tetapi memberi contoh via luisjimenez.com

Ada pepatah mengatakan ucapan tanpa perbuatan adalah omong kosong. Hal tersebut berlaku pada apapun termasuk ketika mengajar. Seorang guru harus menghindari mengajar hanya dengan bicara sepanjang waktu, perlu adanya contoh nyata yang dapat ditiru siswa. Misalnya saja dalam hal kecil seperti kebersihan membuang sampah di tempat sampah.

Baca Juga  RPP ABK Tunadaksa SMPLB Tema Tata Surya Kelas VIII (8) di SLB

4. Memanjakan siswa

Ilustrasi guru memanjakan siswa via bursametronews.com

Hal yang dihindari guru muda selanjutnya adalah memanjakan siswa. Hal tersebut membuat siswa menjadi malas dan kurang mau berusaha karena sehari-hari anak dilayani dan kemauannya dituruti. Biarkan siswa melakukan sendiri, tetapi guru tetap mengawasi apa yang dikerjakan siswa.

5. Tidak menguasai materi

Ilustrasi guru tidak menguasai materi via rileyadamvoth.com

Hal terakhir yang harus dihindari oleh guru muda adalah tidak menguasai materi. Guru yang baik selalu merancang pembelajaran yang akan disampaikan pada siswa, serta menguasai materi serta cara penyampaiannya agar pembelajaran berjalan dengan baik.

Demikian apa saja yang perlu dihindari oleh seorang guru muda. Menjadi guru berarti siap mengemban tanggung jawab yang sangat besar. Melihat peserta didik berkembang merupakan hal yang sangat menggembirakan. Tetap semangat mendidik calon penerus bangsa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *