7 Hal Yang Tidak Banyak Orang Tahu Mengenai Jurusan PLB

By | Desember 11, 2019

Pendidikan Luar Biasa atau biasa disingkat dengan PLB merupakan salah satu jurusan yang menjadi satu ke dalam Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan pendidikan luar biasa selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat, karena masyarakat tidak mengetahui apa saja yang dipelajari di jurusan pendidikan luar biasa. Jurusan tersebut mampu menciptakan pendidik yang ahli dalam menangani anak berkebutuhan khusus. 

Anak Berkebutuhan Khusus via themighty.com

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Mahasiswa jurusan PLB dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan serta keterampilan untuk merencanakan program pembelajaran khusus ABK. Ilmu pengetahuan disampaikan oleh dosen melalu mata kuliah yang ditempuh. Untuk urusan perkuliahan mungkin sudah diketahui, lebih baik Kita membahas tentang hal umum yang tidak diketahui tentang jurusan pendidikan luar biasa. 

Berikut merupakan 7 hal yang patut diketahui mengenai pendidikan luar biasa. 

1. Jurusan yang mengajarkan mata kuliah dari berbagai jurusan 

Jurusan pendidikan luar biasa ternyata memberikan pilihan mata kuliah yang diambil dari beberapa jurusan. Selain itu ada ilmu dasar yang juga dipelajari seperti ilmu pendidikan, evaluasi pendidikan, logika pendidikan, pengembangan kurikulum, dasar IPS dan IPA serta masih banyak lagi. 

2. PLB mengajarkan untuk melakukan hal baik 

Setelah lulus program pendidikan luar biasa, Anda akan menjadi guru. Anda mulai mengajar anak pendidikan luar biasa di sekolah maupun secara private. Tidak banyak yang mendapatkan kesempatan untuk mengajar seorang ABK, namun Anda memiliki kesempatan itu. Mengajar serta mendidik mereka merupakan hal yang mulia, karena secara tidak langsung Anda berbuat baik secara ikhlas. 

3. Peluang kerja lebih besar 

Pendidikan ABK sekarang menjadi perhatian pemerinta, oleh sebab itu peluang pekerjaan menjadi guru ABK kini sangat besar. 

Baca Juga  4 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Guru Sebelum Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

4. Melatih kesabaran pendidik 

Jurusan pendidikan luar biasa melatih calon pendidik supaya tetap sabar dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus. Mereka tidak boleh dimarahi, dibentak, ataupun dipukul. 

5. Peduli terhadap orang berkebutuhan khusus 

Sebagai mahasiswa pendidikan luar biasa yang mempelajari ilmu khusus, membuat Anda lebih peka terhadap orang berkebutuhan khusus. Menawarkan mahasiswanya untuk berinteraksi langsung dengan anak berkebutuhan khusus. Mahasiswa pendidikan luar biasa, terjun langsung ke sekolah ABK untuk melakukan pelatihan interaksi langsung dengan mereka. 

6. Peluang diterima sebagai PNS lebih tinggi 

Pemerintah membuka lowongan PNS guru ABK cukup banyak, namun tidak banyak lulusan ABK sehingga kemungkinan besar Anda mudah diterima sebagai PNS. 

7. Melatih keterampilan 

Pendidikan luar biasa membentuk pendidikan agar terampil dalam menangani anak berkebutuhan khusus. 

Nah itulah beberapa hal yang harus diketahui mengenai jurusan pendidikan luar biasa. Anda sekarang telah memahaminya, apakah selanjutnya tertarik untuk mengambil jurusan pendidikan luas biasa? Semua keputusan ada ditangan Anda. Anda juga bisa membaca hal yang dipelajari di jurusan PLB. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *