7 Tempat untuk Belajar Bahasa Isyarat di Indonesia

By | Desember 2, 2019

Jumlah difabel di Indonesia cukup tinggi namun, mereka tidak dapat berkomunikasi dengan masyarakat biasa. Hal ini dikarenakan masyarakat kurang memahami bahasa isyarat difabel. Sebenarnya tidak hanya masyarakat tetapi penyandang difabel juga terkadang tidak memahami bagaimana caranya menggunakan bahasa isyarat. Mereka tidak mampu membayar biaya belajar bahasa isyarat yang cukup tinggi.

tempat belajar bahasa isyarat
Belajar bahasa isyarat via talkactive.id

Berikut Tempat Belajar Bahasa Isyarat di Indonesia

Hak untuk untuk melakukan komunikasi wajib dimiliki setiap orang, bahkan seorang difabel juga harus mendapatkan hak tersebut. Oleh sebab itu belajar bahasa isyarat itu penting supaya kita dapat berkomunikasi dengan difabel. Penyandang difabel pasti merasa senang dan tidak terkucilkan karena mereka dapat berkomunikasi seperti orang biasa. Untuk itu, Kita harus belajar bahasa isyarat. Berikut merupakan tempat belajar menggunakan bahasa isyarat.

1. Komunitas Senyum Difabel

Tempat pertama untuk belajar isyarat adalah di komunitas senyum difabel. Sebuah komunitas yang didirikan mahasiswa Institut Perguruan Bandung Nizar Maulana A. Pertemuan komunitas dilakukan setiap akhir pekan di tempat tertentu.

2. Sahabat Tuli Salatiga

Sahabat tuli Salatiga membuat pembelajaran bahasa isyarat secara umum. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar isyarat maka, langsung hubungi saja sahabat tuli Salatiga. Anda dapat datang ke tempatnya langsi di Jl. Nakula Sadewa 1 No 17, Kembang Arum, Dukuh, Salatiga.

3. Gerakan Kesejahteraan Tunarungu Indonesia

Gerkatin ada di Surakarta, jika Anda ingin bergabung belajar isyarat dengan Gerkatin maka dapat mengunjungi alamat SLB Negeri Surakarta, Jl. RM Said No. 111. Proses pembelajaran dilakukan pada hari jumat.

4. Bali-Bali Deaf Community

Tempat perkumpulan Bali Bali Deaf Community berada di Co Working rumah kreatif Sanur. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan setiap minggu

Baca Juga  5 Tips Mendapatkan Alat Bantu Dengar Gratis Yang Bisa Anda Coba

5. Komunitas Arek Tuli Surabaya

Surabaya memiliki komunitas untuk belajar isyarat, namanya adalah komunitas arek tuli. Komunitas aktif melakukan kegiatan belajar dan keluar bersama secara rutin. Mereka selalu mengahabiskan waktu pada hari minggu di Car Free Day, lokasi tepatnya di Jl. Taman Bungkul Darmo. tanggal ganjil.

6. Kopi Tuli (KopiTul)

Kopi tul sebenarnya bukan komunitas namun tempat nongkrong yang biasa dijadikan sebagai lokasi belajar isyarat. Setiap kemasan kopi tul terdapat berbagai huruf isyarat yang bisa dipraktekkan secara langsung.

7. Lembaga Bahasa International Indonesia

Tempat belajar isyarat yang terakhir ini berada di Depok. Masyarakat Depok maupun penyandang difabel yang ingin belajar isyarat dapat mendaftarkan dirinya secara langsung. Lokasi pembelajaran ada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, tepatnya di Gedung 10.

Demikian beberapa tempat belajar isyarat yang bisa Anda datang. Lakukan belajar isyarat secepatnya, agar Anda dapat berkomunikasi dengan difabel di lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *