Autis Bisa Sembuh? Berikut Adalah Ulasan Lengkapnya Untuk Anda

By | Maret 26, 2021

Apakah autis bisa sembuh?, bila anda ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut silahkan baca artikel berikut ini hingga akhir. Dalam artikel ini akan diuraikan secara lengkap dan padat mengenai siapakah autis, factor penyebab, ciri-ciri autis, apakah mereka bisa disembuhkan, serta cara mengembangkan anak dengan autisme.

Artikel ini bisa menjadi tambahan referensi atau informasi bagi anda para orang tua yang memiliki anak autis, maupun yang memiliki saudara yang mengalami kondisi autism supaya memahami dan menaruh perhatian lebih kepada mereka.

autis bisa sembuh? berikut ulasannya
Anak autis via braintreatmentdallas.com

Mengenal autis

Autis berasal dari kata auto, merupakan seseorang yang mengalami hambatan interaksi sosial dan komunikasi yang kronis sehingga memerlukan layanan pendidikan khusus untuk mengembangkan potensinya supaya tumbuh dengan maksimal.

Faktor Penyebab

Hingga saat ini belum diketahui penyebab autism secara pasti namun ada kemungkinan antara lain seperti genetik, pengaruh dari obat-obatan, virus ketika ibu mengandung. Kemudian gaya hidup yang buruk pada masa kehamilan juga bisa menyebabkan seorang anak mengalami autis.

Ciri-ciri autis

Berikut ini adalah ciri-ciri pada autis:
1. Anak tidak suka bersosialisasi (anti sosial)
2. Sulit bahkan tidak mampu menjalin komunikasi dengan orang lain.
3. Anak nyaman dengan dunianya sendiri
4. Tidak menyukai kontak mata
5. Anak suka membeo
6. Terkadang anak mengalami tantrum

Apakah autis bisa sembuh?

Autisme merupakan sebuah kondisi yang sifatnya menetap selama hidup. Namun demikian dengan layanan sejak dini baik secara pendidikan maupun medis, perilaku buruk anak autis yang tidak dikehendaki bisa dikurangi sedikit demi sedikit.

Dari segi pendidikan, biasanya anak autis bersekolah di SLB dimana sejak dini anak sudah dilatih keterampilan-keterampilan yang bermanfaat dalam kehidupan. Selanjutnya dari segi medis, anak diberikan layanan seperti pemberian obat tertentu, maupun pola diet karena makan tertentu dapat membuat perilaku anak lebih parah.

Baca Juga  15 Contoh Soal Latihan Try Out PPPK Guru SLB Untuk Persiapan Seleksi
makanan untuk autis
Makanan untuk anak autis

Bagaimana mengembangkan  autis

1. Latih dengan pembiasaan
2. Berikan contoh langsung
3. Diet makanan tertentu penting untuk autis
4. Hindari kamar yang terlalu banyak rangsangan
5. Stimulasi anak dengan mengajak berkomunikasi
6. Gunakan reward dan punishment
7. Latih pada kemampuan akademik fungsional dan keterampilan yang terkait kemandirian

Demikianlah artikel tentang apakah autis bisa sembuh? Semoga bisa menjawab pertanyaan atau rasa penasaran anda. Silahkan baca artikel lainnya tentang anak berkebutuhan khusus di situs ini, terima kasih.