6 Contoh Kegiatan Prakarya Anak SD yang Murah Meriah

By | Januari 9, 2021

Kegiatan prakarya diajarkan di sekolah-sekolah mulai dari TK hingga SMA. Bukan tanpa tujuan diterapkannya pelajaran tambahan atau muatan lokal dalam pendidikan anak. Jika didasarkan pada Kurikulum 2013, tujuan dan karteristik prakarya anak SD yakni menjadikan anak lebih terampil, inovatif, dan kreatif.

Masa anak-anak adalah masa di mana terjadinya pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Adapun manfaat penting kegiatan prakarya anak SD antara lain melatih keterampilan diri san anak; mengasah motorik halus, kesabaran, ketelitian, serta sikap tenggang rasa dan menjadikan anak lebih cekatan atau sigap, serta selalu berpenampilan menarik.

kegiatan prakarya anak sd
Ilutrasi membuat prakarya via diyprojects.com

Apa saja contoh kegiatan prakarya anak SD yang murah meriah?
Aktivitas dalam prakarya sangat membantu anak SD untuk mengeluarkan ide-ide yang ada di kepalanya. Maka, baik orang tua maupun orang tua di sekolah (guru), mengisi kegiatan prakarya anak SD dengan mengasah imajinasi anak dengan mengajaknya bermain banyak warna ataupun membuat kerajinan disesuaikan apa bahan yang digunakan.

Anak-anak terlihat lebih suka dan seru ketika ada kegiatan prakarya. Pasalnya, pembelajaran ini dilakukan dengan lebih santai. Di bawah ini ada beberapa contoh prakarya/kerajinan tangan yang murah meriah antara lain sebagai berikut:

Kegiatan Prakarya Anak SD

1. Kelas 1

Prakarya anak SD kelas 1 hendaknya tidak sulit. Contoh prakarya kelas 1 SD yang murah meriah adalah pembuatan kerajinan tangan payung. Tidak hanya mudah untuk dikeasikan namun juga bisa ditempel di dinding kamar sebagai hiasan yang sederhana namun menarik.

Alat dan bahan yang diperlukan tidaklah banyak. Untuk membuat payung membutuhkan beberapa benda: kertas buffalo, cup kertas, dan tali warna-warni serta gunting dan lem.

Baca Juga: Cara mengembangkan otak kiri dan kanan pada anak

Baca Juga  Kajian Teori: 7 Pengertian Membaca Permulaan Menurut Para Ahli

2. Kelas 2

Kegiatan prakarya anak SD tidak selamanya sebagai tugas di sekolah, melainkan terkadang dibebankan sebagai tugas di rumah juga. Maka, ketika membuat kerajinan tangan di rumah anak bisa diawasi orang tua. Contohnya dalam membuat prakarya murah semisal bingkai foto berasal dari stik-stik eskrim dan kertas warna yang disusun sedemikian cantik.

3. Kelas 3

Prakarya anak SD kelas 3 sangat banyak, salah satunya yakni dengan membuat kesenian/kerajinan tangan melipat kertas contohnya bunga, kupu-kupu, dan lain sebagainya. Hasil yang didapat pasti sangat menarik.

4. Kelas 4

Pembuatan kerajinan tangan atau prakarya anak SD murah dan mudah adalah dengan membuat kepiting dari cup bekas kopi dan teh. Selain itu alatnya tidak juga terlalu banyak mulai dari spidol, kertas karton, mata boneka dan car berwarna merah sesuai dengan warna kepiting.

5. Kelas 5

Kelas 5 merupakan kelas atas di tingkat SD. Maka, prakarya anak SD yang sangat cocok untuk siswa kelas 5 adalah dengan membuat celengan untuk menabung. Jadi, tidak hanya sebagai kreasi tetapi juga bisa difungsikan.

6. Kelas 6

Satu tingkat di atas kelas 5, kelas 6 mulai beranjak ke usia remaja. Prakarya anak SD untuk kelas tinggi ini bisa dengan membuat kerajinan tangan dengan mengolah barang bekas menjadi benda yang bagus dan bermanfaat. Contohnya tempat alas tulis dari kaleng bekas dan karung goni.

Baca Juga: Cara mengembangkan motorik halus anak TK

Itulah beberapa contoh kerajinan tangan anak SD yang dapat meningkatkan kreativitas anak-anak dan jika mana membuatnya dari bahan bekas maka dapat mengurangi pencemaran lingkungan.