8 Mainan Edukatif Untuk Balita yang Bermanfaat dan Disarankan

By | Januari 10, 2021

Era serba gadget memaksa anak untuk tidak ingin lepas darinya padahal mereka sangat memerlukan mainan edukatif. Anak di usia 1 hingga 3 tahun perlu mengalami perkembangan kognitif dan motorik sekaligus.

Nah, kira-kira apa saja mainan edukatif untuk balita yang disarankan? Dibawah ini adalah 8 jenis mainan edukatif yang bisa dimainkan, nah mainan ini lebih baik daripada gadget lho.

Edukatif Untuk Balita

mainan edukatif untuk balita
Ilustrasi anak bermain via mumsinthewoodeducation.com

1. Play Doh

Mainan ini sangat bagus untuk motorik anak. Selain memiliki varian warna menarik, anak dapat berkreasi sesuai keinginan. Mainan ini juga bebas racun.

Baca Juga: Cara melatih motorik halus anak TK

2. Lego

Biasanya, orang tua akan membelikan jenis lego dengan kepingan besar untuk anak yang masih berusia di bawah tiga tahun. Tetapi, anak di usia tiga tahun baru dapat menyusun kepingan sesuai dengan keingnannya.

3. Boneka tangan

Permainan ini tidak akan pernah lekang oleh zaman. Selain bermanfaat untuk melatih anak berimajinasi, anak juga dapat berinteraksi dengan orang tua.

4. Balok Kayu

Warna-warna pada balok kayu sangat menarik perhatian anak. Permainan ini sesuai untuk anak berusia 1 hingga 2 tahun, yanag belum terlalu dapat menyusun balok menjadi bentuk sebuah benda.

5. Mainan Peralatan Rumah Tangga

Meski terkesan ‘jadul, permainan ini masih memiliki manfaat besar dalam perkembangan motorik anak. Terlebih, anak senang meniru kegiatan orang tuanya.

6. Tablet

Saat ini, tersedia tablet khusus untuk anak yang berusia di bawah tiga tahun. Tablet ini berisi puluhan ribu permainan yang dijamin aman. Beberapa permainan tersedia dengan gratis. Tetapi ada beberapa pilihan aplikasi berbayar. Anak tidak akan bosan, dan orang tua pun merasa nyaman saat anak mengakses tablet ini.

Baca Juga  Game Edukatif: 10 Permainan Smartphone Ini Ramah Untuk Anak Anda

7. Sepeda roda tiga atau otopet

Si kecil di bawah tiga tahun dapat memaksimalkan kegiatan di luar ruangan dengan sepeda roda tiga. Tetapi, mereka yang sudah berusia empat tahun dapat menggunakan otopet untuk menyalurkan aktivitas fisiknya.

8. Mainan Huruf

Sesuaikan mainan dengan usia anak. Berikan mainan berukuran besar untuk anak yang masih berusia di bawah dua tahun.

Baca Juga: Hal yang dilakukan bila terlanjur membentak anak

Perkenalan anak dengan mainan edukatif tetap harus melalui bimbingan orang tua. Dengan demikian, anak dapat memiki kedekatan fisik dan psikis dengan orang tua, terutama ibu.

Demikian tadi mainan edukatif untuk balita, semoga bermanfaat.