Simak 4 Pengertian Orang Indigo Menurut Para Ahli

By | September 12, 2019

Indigo, sebuah kata yang saat ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga orang indonesia. Terlebih lagi bagi anak-anak muda yang menggunakan internet dan sosial media. Contohnya saja situs berbagi video yakni youtube, saat ini banyak konten youtube yang membahas mengenai konten paranormal experience, dan diulas oleh seorang indigo.

Ilustrasi Anak Indigo via allthatsinteresting.com

Lalu apa sih pengertian indigoā€¯?, bila anda penasaran melalui artikel ini dijelaskan beberapa pengertian dari kata tersebut yang diuraikan oleh ahli dibidangnya secara ilmiah sebagai berikut:

1. Menurut Fajarina (2012: 11), menjelaskan bahwa kata indigo berasal dari bahasa Spanyol yang berarti nila yang merupakan warna ungu kebiruan, sehingga dijelaskan bahwa orang indigo memiliki aura kombinasi dari warna biru dan ungu.

Pendapat dari Fajarina tadi menguraikan pengertian yang menekankan pada asal usul istilah dari kata indogo itu sendiri yang berarti warna ungu kebiruan.

2. Berdasarkan pendapat Carroll dan Tober, (2006: 7) mengemukakan anak indigo yang memiliki warna aura nila dianugerahi berbagai kelebihan serta kemampuan yang berbeda dibanding pada anak-anak seusianya, diantaranya pengalaman spiritualitas yang tinggi, Extra Sensori Perception (ESP), dan rasional.

Dari pendapat Carrol dan Toper tersebut lebih menitikberatkan pada kemampuan yang dimiliki anak indigo, yakni memiliki kemampuan unik dibanding dengan anak seusianya yang diantaranya sudah diuraikan sebelumnya.

3. Pengertian selanjutnya menurut Virtue (2001: 85), menjelaskan bahwa anak dengan indigo sensitif pada situasi, maupun orang-orang yang berada di areanya. Pengertian menurut Virtue menekankan pada kelebihan yang dimiliki anak tersebut.

4. Pengertian Indigo menurut Syuropati (2014: 13), yakni seseorang yang mempunyai kemampuan psikis yang unggul dibandingkan anak normal seusianya, yang dikarenakan orang tersebut memiliki kekhawatiran maupun tingkat stress yang lebih rendah dari pada orang pada umumnya.

Baca Juga  7 Hal yang Jarang Orang Tahu Mengenai Profesi Guru SLB

Demikian artikel ini semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca setia, anda juga dapat membaca artikel menarik lainnya tentang pendidikan khusus di situs ini. Terima Kasih.

Daftar Pustaka:

Fajarina, Tina. 2012. Kisah-Kisah Mistis Keajaiban Anak Indigo. Jakarta: InAzNa Books.

Carroll, Lee & Jan Tober. 2006. The Indigo Children. Jakarta: Bip kelompok Gramedia.

Mohammad A. Syuropati, 2014, Misteri Keajaiban Anak Indigo, In AzNa Books, Yogyakarta.

Virtue, Dorren. 2001. Indigo Challenge. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *