Simak 7 Sekolah Khusus Autis yang Ada di Jakarta

By | September 27, 2019

Syndrome autisme membuat anak menjadi berbeda. Syndrome menyebabkan anak sulit beradaptasi dan melakukan aktivitas selayaknya anak normal. Bahkan pemikiran anak syndrome autisme juga sangat lambat. Oleh sebab itu, anak autisme harus diberi pendidikan khusus. Pendidikan khusus anak autisme disebut sebagai sekolah luar biasa. Ada beberapa sekolah autis Jakarta yang mampu memberikan pendidikan terbaik pada anak autis.

sekolah autis jakarta
Ilustrasi anak autis sedang belajar via actcommunity.ca

Rekomendasi Sekolah Autis Jakarta Terbaik

Sebagai orangtua pastinya khawatir, jika anak yang menderita syndrome autis tidak dapat mendapat pendidikan selayaknya murid pada umumnya. Jangan khawatir, saat ini anak autis telah mendapatkan perhatian yang sama dari lembaga pendidikan. Sudah banyak sekolah autis Jakarta yang selalu terbuka untuk anak berkebutuhan khusus. Berikut merupakan sekolah autis Jakarta yang direkomendasikan kepada Anda.

1. Sekolah Pantara

Sekolah khusus autis Pantara terdiri dari jenjang TK dan SD. Untuk jenjang TK, spesial satu anak akan dibimbing satu guru. Sedangkan jenjang SD, 5 siswa dibimbing oleh 1 guru. Sekolah Pantara tidak hanya memberikan pendidikan materi dasar namun, sekolah juga mengadakan kegiatan ekstrakulikuler seperti musik, pencak silat, futsal, dan lainnya. Alamat sekolah Pantara di Jl. Tebet Dalam VI A, No. 39, Tebet Barat, Jakarta Selatan.

2. Sekolah Kyriakon

Berikutnya yaitu sekolah Kyriakon yang terletak di Jl. Kampung Baru VI/8, Ulujami, Jakarta Selatan. Sekolah memberikan pembelajaran terbaik, caranya dengan menetapkan jumlah murid sebanyak 8 orang dalam satu kelas. Anak-anak juga diberikan kegiatan ekstrakuliker. Contohnya seni kriya,  melukis, olahraga, berkebun, dan memasak.

3. Sekolah Khusus President Special Needs Center

Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Presiden University. Lokasinya berada di Jl. Ki Hajar Dewantara No. 7, Simpangan, Cikarang Utara, Bekasi. Sekolah anak autis juga menyediakan kegiatan non akademis.

Baca Juga  Sekolah Inklusif: Wadah Seluruh Siswa Termasuk ABK

4. London School Beyond Academy

LSBA adalah sekolah yang mengajarkan pendidikan akademis sekaligus non akademis. Lokasinya di Sudirman Park Office Complex rucan C16.

5. Sekolah dan Asrama Kejuruan Imaculata

Letak sekolah Kejuruan Imaculata ada di  Taman Harapan Baru V5 No 5-8, Bekasi. Sekolah menawarkan program pengembangan bakat seperti kegiatan berenang dan kegiatan olahraga lainnya.

6. Cita Buana

Cita Buana menyediakan sekolah khusus anak autisme hingga umur 18 tahun. Pendidikan Cita Buana menawarkan pembelajaran anak autisme dengan kelas umum. Program ini dijalankan sekali atau dua kali. Alamatnya di Jl. Paso No. 84, Jagakarsa, Jakarta.

7. Talitakum

Terakhir yaitu sekolah Talitakum. Lokasinya berada di Jl. Perjuangan No. 28, Rt.15, Rw.10, Kab Jeruk, Jakarta Barat. Talitakum tidak hanya mendidik anak pada kegiatan akademis, tetapi juga mengasah minat dan bakat siswa.

Nah itulah sekolah autis jakarta, lumayan banyak bukan? Sekolah autis Jakarta yang telah disebutkan di atas memiliki kualifikasi terbaik dalam membimbing anak autis. Penerapan pembelajaran sekaligus terapi untuk anak autis supaya dapat cepat memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *