7 Tips Untuk Mempercantik Ruang Kelas Agar Siswa Betah Belajar

By | Januari 11, 2021

Ruang kelas yang nyaman merupakan salah satu hal yang penting untuk membuat siswa betah dan semangat belajar di dalam kelas. Bahkan meskipun seorang guru sudah menyampaikan pembelajaran dengan menarik namun kondisi ruangan kelas yang digunakan tidaklah nyaman dan memadai maka kemungkinan pembelajaran akan berjalan tidak lancar.

Selain itu, dibutuhkan kreativitas mempercantik ruang kelas agar siswa tidak cepat jenuh. Untuk itulah para guru sebaiknya perlu memiliki tips khusus untuk menciptakan kelas yang cantik sehingga siswa semakin betah belajar.

mempercantik ruang kelas
Mempercantik ruang kelas via westsidespirit.com

Tips Mempercantik Ruang Kelas Bagi Guru

Bagi Anda para guru yang selama ini sering mengeluhkan siswa-siswinya yang cepat jenuh saat di dalam kelas maka sebaiknya perlu memperhatikan kembali kenyamanan dan keindahan ruang kelas. Sebab ruang kelas yang dibiarkan begitu saja justru bisa mengganggu konsentrasi dan motivasi belajar siswa.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan peran besar dari guru untuk mengajak seluruh siswa-siswinya dalam mempercantik ruang kelas.
Berikut ini beberapa tips mempercantik ruangan kelas yang bisa membantu para guru:

1. Membuat Catatan Rencana

Tips mempercantik ruang kelas yang pertama yaitu dengan membuat catatan rencana dekorasi ruang kelas. Tips ini memang tidak bisa dilakukan dalam sekali waktu saja tetapi bisa dilakukan ketika Anda sedang mengajar. Biasanya saat mengajar di kelas, maka akan muncul ide-ide dekorasi ruangan kelas. Catat ide-ide tersebut dan pastikan bermanfaat juga bagi pembelajaran di dalam kelas.

Sebagai guru, Anda juga perlu melibatkan para siswa untuk membuat rencana dekorasi kelas dengan meminta pendapat dari mereka. Dengan melibatkan siswa maka akan memudahkan Anda untuk melibatkan mereka saat mendekorasi ruang kelas nantinya.

Baca Juga: cara mengembangkan otak kanan dan otak kiri pada anak

Baca Juga  Benarkah Pola Asuh Religius Membuat Anak Lebih Sehat dan Bahagia?

2. Mulai Berkreasi

Tips mempercantik ruang kelas berikutnya yaitu dengan mulai fokus pada hal-hal bermanfaat terlebih dahulu kemudian pertimbangkan keindahannya. Apabila Anda dapat menggabungkan antara materi pembelajaran dan visualisasi kombinasi warna maka ruang kelas yang cantik akan dapat tercipta.

Anda juga bisa memamerkan hasil karywa siswa di bagian sudut khusus sebagai bentuk penghargaan bagi para siswa. Untuk memperoleh inspirasi desain ruang kelas yang menarik maka Anda juga bisa mencari referensi inspirasi melalui internet.

3. Melibatkan Siswa

Sebagai guru Anda juga perlu memahami bahwa tim penghias kelas yang terbaik bukanlah desainer atau orang dari luar sekolah. Melainkan para siswa yang setiap hari ada di dalam kelas tersebut.

Dengan melibatkan siswa sebagai penata kelas mereka akan semakin antusias untuk menghias kelas serta menciptakan kelas yang nyaman sesuai keinginan mereka. Tips ini juga dapat membantu menghemat biaya maupun waktu dibandingkan Anda kerjakan sendiri.

4. Menata Perlengkapan Kelas

Untuk mempercantik ruang kelas maka Anda harus memperhatikan penataan perlengkapan kelas seperti buku agenda, penghapus papan tulis, alat kebersihan dan sebagainya. Terlebih perlengkapan kelas tersebut berperan untuk menunjang kelancaran pembelajaran serta kenyamanan di dalam kelas.

5. Penataan Meja dan Kursi Guru

Tips mempercantik ruang kelas berikutnya yaitu memperhatikan penataan meja dan kursi guru yang sebaiknya berada di pojok kiri kelas yang dekat dengan lemari perabot kelas. Agar lebih cantik, meja guru bisa ditambah dengan bunga plastik dan kain taplak.

6. Lantai Kelas

Agar ruangan kelas semakin cantik maka Anda harus memastikan lantai kelas bebas dari sampah apapun. Selain itu, untuk lantai kelas dari keramik sebaiknya siswa diminta untuk melepas sepatu serta letakkan di rak khusus di luar kelas.

Baca Juga  Jaman Berubah, 5 Hal Yang Orang Tua Wajib Tahu Dalam Mendidik Anak

7. Menghias Jendela dan Dinding Kelas

Pastikan jendela kelas selalu bersih dari debu maupun sarang laba-laba. Agar kelas semakin cantik, tambahkan juga hiasan di bagian dinding kelas tetapi tidak berlebihan.

Baca Juga: Tips agar anak menyukai PR

Ruang kelas adalah tempat utama bagi siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Saat ruangan tersebut nyaman dan cantik maka para siswa akan semakin betah mengikuti pembelajaran. Untuk itulah seorang guru perlu memperhatikan tips mempercantik ruang kelas seperti di atas agar menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas.