Tidak Perlu Berteriak, Ini 6 Tips Supaya Anak Menurut dengan Orang Tua

By | Januari 8, 2021

Kebanyakan dari orang tua saat ini mendidik anaknya dengan cara berteriak-teriak dan mengajari mereka dengan cara melarang. Padahal, cara tersebut hanya akan membuat anak semakin bandel dan tidak menurut pada orang tuanya. Untuk itu, Anda perlu segera menerapkan tips anak menurut tanpa berteriak.

Tips Anak Menurut Tanpa Berteriak

tips anak menurut tanpa berteriak
Ilustrasi ayah berbicara pada anak via www.apa.org

Sebagai orang tua, sangat penting bagi Anda untuk menerapkan tips anak menurut tanpa berteriak. Dengan menerapkan tips tersebut, anak akan lebih mudah mendengarkan dan menerima perintah maupun nasehat. Nah, di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan tersebut:

1. Hindari berteriak pada anak

Anda tidak dianjurkan untuk berteriak pada anak agar anak tersebut menurut dan mendengarkan orang tua. Pasalnya, aktivitas tersebut hanya akan membuat anak menjadi khawatir, keras kepala, bahkan menjadi lebih agresif. Solusinya, Anda bisa melepaskan ketegangan kemudian berbicaralah dengan tenang sehingga mereka dapat tenang pula dalam menanggapi.

Baca Juga: Keterampilan modern zaman sekarang

2. Ambil sikap yang ekspresif dan terbuka

Sikap tersebut akan memudahkan anak mengerti seperti apa maksud yang diinginkan oleh para orang tua mereka. Jika perlu, Anda juga bisa menggunakan sentuhan agar anak lebih mudah dalam mendengarkan. Dengan begitu, anak tak hanya diperintah tetapi mendapatkan perlakukan yang lebih menyenangkan dan permintaan yang jelas.

3. Anda bisa bersikap seperti teman sebaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda tidak perlu berteriak pada anak. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan bersikap seperti teman seusianya. Yakni dengan mengerti jalan pikiran yang diingin oleh sang anak. Anak-anak sendiri lebih sering terpengaruh oleh teman-teman sebayanya.

Tak heran apabila Anda bersikap seperti teman sebaya maka anak akan mudah mendengarkan apa yang diinginkan. Selain itu, sikap seperti teman sebaya yang satu ini juga termasuk sebagai cara yang paling baik dan efektif untuk melakukan komunikasi.

Baca Juga  7 Permainan Edukasi Anak SD: Bisa Dimainkan Di Sekolah dan Rumah

4. Kurangi penggunaan kata jangan atau tidak

Perlu Anda ketahui, bahwa bagi seorang anak kata jangan atau tidak akan sangat menyakitkan bagi hati mereka. Pasalnya, kata-kata tersebut hanya akan dianggap sebagai kata kebencian terhadap anak itu sendiri. Untuk itu, ada baiknya jika Anda menggantinya dengan kata lain yang lebih halus untuk diucapkan.

5. Anda bisa memberikan fakta

Saat menginginkan anak yang menurut, Anda tidak perlu berteriak. Akan tetapi, Anda bisa menerapkan tips anak menurut tanpa berteriak yang satu ini yakni dengan memberikan fakta yang sesungguhnya. Dengan begitu, sang anak akan lebih mengerti mengapa ia harus menurut setelah mengetahui fakta yang dijelaskan tersebut.

6. Tidak ada salahnya untuk memberikan pujian

Dibalik kesalahan yang dilakukan oleh si kecil, Anda juga perlu mengingat bahwa mereka juga tentu sudah sering melakukan kebaikan-kebaikan. Dari situlah jangan ragu untuk memberikan pujian pada mereka. Hal ini sendiri akan memudahkan komunikasi antara anak dan orang tua. Dengan begitu, tidak perlu lagi melakukan pola asuh dengan cara meneriaki anak.

Pada dasarnya, setiap orang tua tentu menginginkan anak mereka agar tumbuh menjadi anak yang cerdas dan aktif dalam bersosialisasi pada lingkungan sekitar. Akan tetapi, bukan berarti untuk mendidik anak agar menjadi cerdas dan aktif Anda harus membentak mereka. Ajarkan anak dengan beberapa tips anak menurut tanpa berteriak sesuai dengan penjelasan di atas.

Baca Juga: Cara mengembangkan motorik kasar pada anak

Anda bisa memulai kebiasaan baru untuk menasehati dan memberikan pelajaran kepada anak tanpa perlu berteriak. Tentu masih ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar anak menurut dengan orang tua tanpa harus berteriak di depannya. Terapkan beberapa tips di atas agar anak Anda menurut dan mendapatkan pola asuh yang tepat.