20 Soal Bahasa Indonesia SLB Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (SLB)

By | Juni 23, 2021

Soal Bahasa Indonesia SLB ini bisa digunakan untuk siswa tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras maupun anak berkebutuhan khusus lainnya. Soal ini bisa juga digunakan untuk berbagai jenjang mulai dari SDLB, SMPLB, maupun SMALB sesuai dengan kemampuan sisiwa.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu pembelajaran yang bertujuan supaya peserta didik anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki keterampilan atau kecakapan dalam menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu dengan baik dan benar.

anak memegang bendera indonesia.
Seorang anak sedang memegang bendera Indonesia via freepik.com

Anak berkebutuhan khusus atau ABK sendiri merupakan seseorang yang mengalami hambatan tertentu sehingga memerlukan layanan khusus untuk mengembangkan segala potensi yang ada.  Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya ABK terdiri dari berbagai macam kekhususan seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras.

Dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tengah atau akhir semester biasanya dilakukan evaluasi melalui ujian baik UTS, UAS, maupun PAT untuk melihat seberapa perkembangan kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Soal ini bisa anda gunakan untuk mengevaluasi kemampuan siswa terkait kemampuan Bahasa Indonesia. Anda juga bisa merubah atau melakukan penyesuaian soal berikut ini supaya sesuai dengan materi yang anda ajarkan.

Baik langsung saja berikut ini adalah contoh soalnya:

Soal Bahasa Indonesia SLB

Soal Pilihan Ganda

soal bahasa indonesia SLB
Soal bahasa indonesia halaman 1
Soal bahasa indonesia SLB 2
Soal bahasa indonesia halaman 2

Baca juga: Soal PKN SLB

Baca JugaSoal Matematika untuk SLB

Baca Juga: Soal IPA untuk SLB

Baca Juga: Soal IPS untuk SLB

Soal isian

soal bahasa indonesia slb isian
Soal bahasa indonesia halaman 3

Demikianlah beberapa soal Bahasa Indonesia SLB (sekolah luar biasa). Silahkan anda bebas untuk menggunakan atau mengubahnya sesuai keinginan anda. Bagikan artikel ini bila anda rasa bermanfaat agar bisa menjangkau lebih banyak orang yang mengunjungi situs ini dan menerima manfaatnya.

Baca Juga  6 Gangguan Belajar pada Anak, Jangan Disepelekan

Silahkan baca juga informasi lainnya mengenai topik pendidikan secara umum dan lebih spesifik pendidikan anak berkebutuhan khusus di dalam situs ini, terima kasih sudah berkunjung dan salam pendidikan.