Bentuk Soal Ujian PPG Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB)

By | April 27, 2019

Ujian Pengetahuan Pendidikan Profesi Guru (UP PPG) Pendidikan Luar Biasa (PLB) merupakan ujian yang diikuti oleh mahasiswa pendidikan profesi guru sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat pendidik sebagai syarat mendapatkan tunjangan profesi.

ilustrasi soal via picdn.net

Supaya lulus mendapat nilai yang baik, tentu diperlukan persiapan panjang seperti mempelajari materi sesuai dengan kisi-kisi jauh-jauh hari, diskusi soal bersama rekan, maupun memperbanyak latihan soal.

Melalui artikel ini penulis membagikan bentuk-bentuk soal yang diujikan di ujian UP PPG utamanya program studi pendidikan luar biasa atau biasa disingkat PLB. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis ketika selesai menempuh program profesi guru prodi PLB di salah satu perguruan tinggi Negeri di Yogyakarta.

Komposisi soal UP PPG PLB

Berdasarkan pengalaman penulis ketika mengikuti ujian, komposisi soal UP PPG PLB terdiri dari soal kepribadian, pedagogik (ilmu mendidik anak secara umum) , dan profesional (kaitannya dengan fokus bidang ilmu yang dipelajari, dalam hal ini pendidikan luar biasa. 

Dasar teori pembuatan soal

Soal ujian PPG merupakan penerapan dari HOTS (high order thinking skills) atau berfikir tingkat tinggi. Dasar teori diambil dari konsep taksonomi Bloom pada ranah kognitif yang kemudian direvisi dan disempurnakan oleh Lorin Anderson dan David Krathwohl dengan urutan antara lain:

Taksonomi Bloom yang telah direvisi via sch.im

1.Mengingat, 2. Memahami, 3. Penerapan atau aplikasi, 4. Analisis, 5. Mengevaluasi, dan 6. Mencipta.

Untuk tingkatan 1 hingga 3 dikategorikan (LOTS) berfikir tingkat rendah, kemudian tingkatan 4 hingga 6 dikategorikan berfikir tingkat tinggi (HOTS).

Taksonomi Bloom: LOTS dan HOTS

Contoh bentuk soal

1. Contoh soal kepribadian:

Seorang siswa berminat pada kelompok peminatan bidang IPS ketika memilihstudi lanjut ke SMA. Namun, orang tua berkukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang IPA. Orang tua ingin anaknya menjadi dokter, supaya masa depannyaterjamin. Menurut si siswa, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokterannya dan kurangmeminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisika-kima. Sebagai wali kelas ap yangakan anda lakukan?

Baca Juga  5 Pengertian Cerebral Palsy (CP) Menurut Para Ahli

a. Menasehati anak untuk patuh pada orang tuakarena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya

b. Memberikan saran kepada orang tua dan siswa untuk memilih bidang peminatan yang sesuai

c. Menyarankan kepada siswa untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidakberminar dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran

d. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi siswa sebagai bahan diskusidengan agar orang tua memahami potensi anaknya

e. Bersama guru BK, anda sebagai guru kelas akan menfasilitasi pertemuan antara orangtua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan mengguankandata-data sebagai dasar keputusan obyektif.

2. Contoh soal profesional:

Guru pesrta didik tunagrahita memiliki kompetensi professional, diantaranya yang berkaitan dengan program kekhususan pengembangan bina diri, untuk itu guru harus bisa menentukan materi bina diri yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik tunagrahita, yaitu…

a. Keterampilan merawat diri, menjaga keselamatan dan bahaya, berkomunikasi, bersosialisasi, hidup, dan menggunakan waktu luang

b. Keterampilan merawat diri, mengurus diri, menolong diri, berkomunikasi, bersosialisasi, keterampilan hidup, dan menggunakan waktu luang

c. Keterampilan memelihara kesehatan dan keselamatan diri, mandi, menggosok gigi, merawat rambut, mencuci tangan, membersihkan telinga

d. Keterampilan merawat diri, mengurus diri, kerja, bersosialisasi, keterampilan hidup, dan menggunakan waktu luang

e. Keterampilan bina diri, menjaga kesehatan, merawat diri, merapikan diri

Demikianlah bentuk soal pada ujian PPG utamanya pendidikan luar biasa, semoga bermanfaat dan sukses bagi anda yang ingin mempersiapkan ujian PPG. Baca juga tips agar lulus ujian PPG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *