5 Tips Mengembangkan Kreativitas Anak Anda di Rumah

By | Desember 19, 2017

Kreativitas merupakan sebuah kata yang mungkin sangat umum terdengar oleh kita semua. Sebuah kata sederhana namun ada juga yang masih bingung arti atau makna sesungguhnya tentang kreativitas. Secara sederhana kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menyalurkan imajinasinya menjadi sebuah karya atau gagasan baru maupun memadukan hal-hal yang sudah ada.

Mengembangkan kreativitas anak di rumah

Mengembangkan kreativitas anak di rumah via media.mnn.com

Kreativitas sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan kreativitas kita dapat menyikapi maupun menghadapi masalah dengan berbagai cara yang tentunya baik. Tidak hanya itu, kreativitas seseorang juga sangat penting dalam kesuksesan. Orang dengan kreativitas yang tinggi akan meningkatkan nilai jual dirinya, misalkan saja dalam hal karir. Apalagi tantangan jaman saat ini atau bahkan kedepan dengan teknologi yang semakin maju maka menuntut orang-orang lebih kreatif dalam menciptakan sesuatu hal yang baru untuk mempermudah berbagai pekerjaan.

Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya sukses. Pengaruh genetik orang tua merupakan sebagian kecil penentu kesuksesan anak. Namun lebih dari itu berbagai hal dapat menjadi faktor kesuksesan anak seperti pola asuh, yakni bagaimana orang tua mendidik dan memperlakukan anak. Seperti salah satu syair dari Dorothy Law Nolte:

Syair dari Dorothy Law

Syair dari Dorothy Law via bocahsoenyi.com

Baca Juga  Daftar Universitas Di Indonesia Yang Membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Banyak hal positif yang dapat dilakukan orang tua untuk mendidik anak. Hal positif tersebut seperti melatih mendisiplinkan anak, melatih kejujuran,menghargai waktu, dan tentunya mengembangkan kreativitas pada anak. Berikut adalah cara orang tua untuk mengembangkan kreatifitas pada anak:

  1. Membiasakan anak untuk bangun pagi
Ilustrasi bangun pagi

Ilustrasi bangun pagi via elizabethhagan.com

Orang tua tentu akan senang apabila anak dapat rutin bangun  pagi. Satu pekerjaan orang tua akan berkurang karena tidak harus membangunkan anak. Tetapi lebih dari itu, bangun pagi hari sangat baik bagi anak karena dapat mengembangkan kreatifitas. Segarnya udara pagi dapat membuat kinerja otak meningkat dan dapat membuat pikiran lebih tenang dan fresh oleh karena itu banyak ide-ide keluar di pagi hari. Selanjutnya bangun pada pagi hari juga dapat membuat mood atau suasana hati menjadi baik yang dapat menyebabkan anak anda lebih produktif. Dari berbagai dampak positif bangun di pagi hari, maka latih dan biasakanlah anak anda untuk bangun pagi.

  1. Mendesain tempat tidur anak dengan melibatkan anak
Tempat tidur anak

Tempat tidur anak via cdn.home-designing.com

Tempat tidur merupakan ruangan yang sangat penting bagi anak. Selain tempat bagi anak untuk beristirahat, tempat tidur juga dapat menjadi tempat untuk mengerjakan berbagai hal salah satunya adalah mengerjakan pekerjaan sekolah. Usahakan menata tempat tidur melibatkan anak, karena anak juga yang akan menempati. Kamar tidur yang ditata sedemikian baik dapat membuat suasana hati anak menjadi baik dan dapat mengembangkan kreativitas dan produktifitas anak anda.

  1. Memberikan asupan makanan yang bergizi
Makanan bergizi

Ilustrasi makanan bergizi via cdn-img.health.com

Makanan bergizi berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Usahakan bagi orang tua untuk selalu mencukupi kebutuhan gizi anak seperti memberikan asupan sayur, buah, daging, nasi serta kebutuhan air mineral yang cukup. Selain sebagai tenaga, makanan yang bergizi akan menghindarkan penyakit karena sebagian penyakit berbahaya saat ini merupakan dampak dari pola hidup seperti makan makanan yang tidak sehat. Selain itu makanan bergizi dapat membuat anak menjadi sehat yang akan membuat lebih kreatif. Bergizi tidak harus mahal, cukup sayur atau buah murah yang banyak dijumpai di pasar maupun yang dapat ditanam dirumah.

Baca Juga  Menguraikan Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan
  1. Jangan selalu membatasi anak
Bebas tapi tidak terbatas

Ilustrasi bebas tapi tidak terbatas via ak4.picdn.net

Setiap orang tua tentu ingin anaknya tumbuh dengan baik. Tetapi ketika mengasuh anak tanpa sadar sebagai orang tua terlalu mengekang anak. Tidak boleh ini, itu, yang membuat anak tidak kreatif karena merasa selalu dibatasi. Mulai sekarang kurangi membatasi anak, berikan kesempatan anak untuk melakukan berbagai hal asal bukan hal negatif maupun membahayakan dirinya. Sesekali biarkan anak bermain pasir, tanah, atau permainan untuk mengembangkan kreativitasnya.

  1. Memberikan akses anak untuk berekspresi
Biarkan anak berekspresi

Ilustrasi biarkan anak berekspresi via ksoa.info

Memberikan kesempatan pada anak untuk berekspresi dapat mengembangkan kreativitas pada anak, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mendesain kamar anak dengan melibatkan anak, menyalurkan hobi yang anak sukai di rumah, maupun sesekali mengajak anak berlibur ke tempat menarik seperti museum dan berbagai hal lainnya.

Demikian adalah tips bagi orang tua dalam mengembangkan kreativitas pada anak, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua pembaca artikel dari bukuacuanku, terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *