Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pengertian Hingga Perbedaanya

By | Mei 9, 2021

Penelitian kualitatif dan kuantitatif merupakan pendekatan yang digunakan dalam melaksanakan suatu penelitian. Melalui artikel ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai kedua pendekatan tersebut baik dari pengertian masing-masing dan perbedaannya.

Hal ini supaya kita dapat mengetahui pendekatan mana yang pas berkait penelitian yang kita laksanakan. Sehingga pelaksanaan penelitian dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk selengkapnya silahkan baca artikel ini hingga menyeluruh.

penelitian
Ilustrasi penelitian via libparlor.com

Penelitian kualitatif dan kuantitatif

Pengertian

Penelitian Kualitatif

Moloeng, (2007: 6) menyatakan bahwa penelitian kualitatif penelitian ini bertujuan memahami fenomena apa yang dialami subyek penelitian secara holistik yang disajikan secara deskripsi dalam bentuk kata-kata serta bahasa, pada konteks khusus yang dialami serta menggunakan berbagai metode ilmiah.

Sugiono (2012: 9) menjelaskan mengenai metode kualitatif adalah suatu penelitian berlandaskan filsafat postpositivisme, yang mana digunakan untuk meneliti kondisi objek alamiah, disini letak peneliti yakni sebagai instrumen kunci, lalu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan triangulasi, analisa data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian menekankan pada makna dibandingkan generalisasi.

Baca juga: pengertian penelitian kualitatif menurut ahli

Dari kedua pernyataan ahli tersebut maka dapat ditegaskan bahwa penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang menggunakan sajian data berupa deskriptif baik kata dan Bahasa mengenai fenomena yang dialami subyek secara menyeluruh.

Penelitian Kuantitatif

Arikunto (2006: 12) menjelaskan mengenai penelitian kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang banyak menggunakan statistik berupa angka-angka, mulai dari mengumpulkan data, penafsiran terhadap data yang diperoleh, serta pemaparan hasilnya.

Sugiyono (2009: 14) mengemukakan bila metode penelitian kuantitatif berbasis pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti suatu populasi atau sampel tertentu, yang pada umumnya pengambilan sampelnya dilakukan secara acak, kemudian data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian, lalu dianalisis secara kuantitatif/statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Organic Parenting, Apa hubungannya dengan Tumbuh Kembang Anak?

Baca juga: pengertian penelitian kuantitatif menurut ahli

Dari pendapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti sampel atau populasi tertentu dan data yang diperoleh dianalisis dengan secara statistic menggunakan angka-angka dengan tujuannya yakni menguji hipotesis yang ditetapkan.

Perbedaan

Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif via cdsmr.com

Penelitian Kualitatif

1. Bersifat umum, dinamis atau fleksibel

2. Subjek penelitian dinamakan narasumber

3. Jenis data berbentuk deskriptif dengan kata-kata dan Bahasa

4. Tujuan penelitian yakni untuk memperoleh pemahaman mendalam

Penelitian Kuantitatif

1. Bersifat khusus, statis dan rinci

2. Subjek penelitian dinamakan responden

3. Jenis data berbentuk statistik dan numerik

4. Tujuan penelitian yakni untuk memperoleh hubungan antar variabel

Daftar Pustaka

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta