Pikirkan 5 hal ini sebelum memutuskan menjadi guru, nomor 3 Penting

By | Juli 26, 2020

Menjadi seorang guru merupakan dambaan banyak orang terutama di Indonesia. Guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena mendidik dan mengembangkan peserta didik agar berilmu sehingga nantinya berguna bagi bangsa dan negara.

Namun sebelum memutuskan menjadi guru, simak dan pikirkan dahulu hal berikut.

sebelum memutuskan menjadi guru
sebelum memutuskan menjadi guru via dobienews.scuc.txed.net

Sebelum memutuskan menjadi guru

1. Banyak administrasi yang disiapkan sebelum mengajar

Tahukah anda menjadi seorang guru tidak hanya sekedar datang dikelas dan mengajar lho. Seorang guru mempunyai tugas untuk merencanakan, mengajar, dan mengevaluasi. Dalam merancang pembelajaran guru harus membuat berbagai administrasi terlebih dahulu seperti misalnya program tahunan atau semester, silabus, RPP, dan administrasi lainnya. Semua itu dikerjakan supaya dalam mengajar dapat lebih maksimal kemudian juga sebagai syarat kelengkapan administrasi.

Baca Juga: Cara orang tua melatih keterampilan sosial anak

2. Bertemu dengan siswa dengan berbagai keunikan

Siswa dalam dunia pendidikan bertindak sebagai subjek pendidikan. Siswa atau peserta didik memiliki berbagai keunikan, setiap anak berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang menurut, mudah dikondisikan, ada yang ceria, ada yang pendiam, ada pula yang dianggap orang nakal.

Nah seringkali yang menguras pikiran guru adalah pada anak yang bertindak nakal seperti kasar, suka menyakiti temannya, atau bahkan bertindak semaunya sendiri.

Seorang guru dituntut harus sabar, pintar menarik hati peserta didik sehingga siswa tidak mudah bosan ketika proses belajar mengajar berlangsung.

3. Sekarang menjadi guru PNS susah

Gaji merupakan salah satu alasan seseorang memilih dan bekerja disuatu bidang tertentu. Anda orang yang ingin menjadi guru karena gajinya yang besar. Jawaban penulis adalah “ya besar, jika guru tersebut sudah berstatus PNS”.

Namun faktanya adalah saat ini untuk menjadi guru PNS sangat sulit, dimana melalui mekanisme seleksi CPNS yang diikuti oleh banyak orang. Saat ini sudah sangat banyak orang lulusan guru yang berebut kursi menjadi CPNS, hal tersebut terjadi karena semakin banyaknya perguruan tinggi yang membuka jurusan kependidikan.

Baca Juga  Contoh Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial

4. Gaji seorang guru honorer sangat kecil

Bila menjadi guru honorer, terus terang saja gajinya sangat kecil dan jauh dari UMR memang ironis tapi ya inilah kenyataannya dan merupakan masalah dalam dunia pendidikan sehingga wajar bila guru cukup sering berdemo terkait gaji yang kecil. Bayangkan saja masih ada lho guru yang digaji 200rb per bulan, sangat jauh dari kata sejahtera. Semoga hal ini terus menjadi perhatian pemerintah untuk semakin meningkatkan kesejahteraan guru.

Baca Juga: cara membiasakan anak produktif di rumah

5. Pekerjaan yang sangat mulia

Guru merupakan pekerjaan paling mulia, jawabannya adalah iya!. Seorang guru dengan sabar mendidik siswa agar memiliki pengetahuan untuk bekal masa depan siswa. Menjadi guru merupakan panggilan hati. Bila anda memutuskan mantab untuk menjadi guru program studi apapun yang anda suka, rezeki selalu datang dengan berbagai cara.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan sebelum memutuskan menjadi guru, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan juga artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *