Mahasiswa Akhir: 8 Tips Menulis Skripsi Agar Cepat Selesai

By | Desember 24, 2017

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang disusun secara sistematis yang merupakan laporan penelitian di tingkat strata satu atau S1. Tentunya setiap mahasiswa menganggap bahwa skripsi merupakan tantangan terbesar dalam menyelesaikan studi. Maka tentunya diperlukan rencana dan persiapan yang matang agar dapat menulis dengan hasil yang baik dan maksimal.

Skripsi S1 cepat selesai

Ilustrasi via unsil.ac.id

Berikut ini akan dibahas 8 tips dalam menulis skripsi agar cepat selesaikan.

  1. Temukan masalah penelitian
Menemukan masalah

Menemukan masalah via communicationtheory.org

Masalah penelitian biasanya adalah hal pertama ketika konsultasi dengan dosen. Apabila kamu sudah menemukan masalah penelitian yang jelas maka dapat menjadi dasar bagi kamu untuk melakukan penelitian.

Baca Juga  Literasi: Mengenal Konsep Dasar dan 6 Komponennya
  1. Tentukan target
Tentukan target

Tentukan target roslistonforestrycentre.co.uk

Ketika kita ingin menulis karya tulis dalam hal ini skripsi, hal penting yang harus dilakukan adalah menentukan target kapan selesai. Hal ini berguna agar apa yang kita kerjakan selesai sesuai target atau bahkan lebih cepat dari target yang telah ditentukan. Tips menentukan target dalam setiap skripsi adalah per bab, misal bab 1 selesai selama 1 bulan, kemudian bab 2 selama 2 bulan, bab 3 selama 1 bulan, bab 4 selama 3 bulan, dan bab 5 selama 2 minggu.

  1. Cari referensi pendukung
Mencari referensi pendukung

Mencari referensi pendukung via princeton.edu

Mencari referensi tentang variabel yang diteliti merupakan langkah peneliti setelah judul disetujui. Usahakan yang digunakan sebagai bahan referensi yaitu sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan. Usahakan mengutip dari buku, jurnal, maupun website yang terpercaya. Hal tersebut sangat menentukan kualitas skripsi yang kamu tulis.

  1. Memilih cara agar kamu nyaman dalam menulis
Nyaman menulis

Nyaman menulis via wildcatvoice.org

Kenyamanan dalam menulis merupakan faktor pendukung lainnya. Apabila kamu nyaman dalam menulis tentunya tidak ada beban. Contoh apabila seseorang suka mendengarkan musik ketika menulis maka menulis dengan menghidupkan musik merupakan salah satu solusi. Kemudian apabila suka menulis dalam keheningan kamu dapat menulis ketika tengah malam.

  1. Konsisten
Konsisten

Konsisten via blog.paper.li

Ketika menulis skripsi, kita harus konsisten agar skripsi yang kita buat nantinya akan cepat terselesaikan. Kita harus berusaha tetap menulis setiap hari dan menjaga ritme tersebut.

  1. Memilih perpustakaan yang tepat
Memilih perpustakaan yang tepat

Memilih perpustakaan yang tepat via sciencenewsforstudents.org

Perpustakaan sangat mendukung bagi penulis skripsi, karena di dalamnya terdapat berbagai referensi yang dibutuhkan penulis baik dalam bentuk jurnal maupun buku. Maka carilah perpustakaan yang cukup besar karena didalamnya pasti di dalamnya terdapat referensi yang lengkap.

  1. Ketahui jadwal kegiatan dosen pembimbing
Ketahui jadwal dosen

Ketahui jadwal dosen via ghanatalksbusiness.com

Mengetahui jadwal dosen pembimbing bertujuan agar kita tidak membuang-buang waktu untuk menunggu ketika kita konsultasi. Pastikan juga meminta kontak dosen pembimbing apabila ada hal yang mendesak kita dapat menghubungi tetapi dengan bahasa yang baik.

Baca Juga  8 Jenis Penelitian Bidang Pendidikan Luar Biasa (PLB)
  1. Jangan menunda
Jangan menunda

Jangan menunda christopherus.or.id

Peganglah prinsip “menunda hanya akan menghasilkan tumpukan tugas berikutnya” sehingga usahakan langsung perbaiki ketika dosen selesai merevisi .

Demikian 8 tips dalam menulis skripsi semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang berjuang dalam menyelesaikan tugas akhir Strata satu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *