5 Aplikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

By | September 29, 2021

Tidak selamanya gadget memberi pengaruh buruk bagi tumbuh kembang si kecil. Asalkan rambu-rambu selalu ditegaskan, bukan tidak mungkin dengan gadget tersebut justru membawa banyak manfaat bagi anak. Termasuk bagi anak dengan kebutuhan khusus. Sudah tahukah Anda bahwa terdapat banyak aplikasi untuk anak berkebutuhan khusus yang bisa dimanfaatkan untuk tumbuh kembang mereka.

Aplikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Aplikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus
Aplikasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus via slashgear.com

Berbagai kemajuan bidang teknologi memang sudah banyak membantu hidup manusia. Sejumlah teknologi juga hadir untuk anak berkebutuhan khusus atau anak autis agar mereka bisa mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk berbicara atau berkomunikasi. Berikut ini beberapa aplikasi untuk anak berkebutuhan khusus yang sebaiknya Anda ketahui.

1. MITA (Language Therapy for Children with Autism)

Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS. MITA merupakan suatu aplikasi yang dibuat untuk membantu mempermudah proses belajar para anak dengan autisme memakai metode bernama pivotal response treatment.

aplikasi untuk anak berkebutuhan khusus ini memakai pembelajaran dengan metode permainan misalnya puzzle. Dengan metode pencocokan warna misalnya, mereka dapat meningkatkan kemampuan visual dan berbahasanya.

2. Spokle

Aplikasi spokle ini juga bisa didapatkan di Android dan iOS. Spokle dapat dimanfaatkan oleh orang tua agar mereka bisa melakukan terapi wicara dengan anak yang mengalami gangguan perkembangan bahasa dan gangguan autisme.

Spokle merupakan platform dari Australia. Sebab memperoleh respon yang bagus dari para pengguna gadget, sekarang platform ini sudah berkolaborasi dengan beberapa sekolah inklusi yang ada di Indonesia.

Sejumlah pengguna meninggalkan ulasan review yang sangat positif dengan menyatakan bahwa Spokle merupakan aplikasi yang sangat membantu para orang tua untuk menghadapi anak saat masa pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga  Mirip tetapi berbeda: Perbedaan Guru dan Pendidik

Sejumlah kelebihan yang dapat Anda peroleh dari pemakaian aplikasi ini yaitu, para orang tua memperoleh 400 video berisi tutorial yang dikembangkan langsung oleh terapis, berbagai game yang menyenangkan untuk dimainkan bersama anak serta grafik yang dipakai untuk mencatat berbagai perkembangan si kecil.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari aplikasi ini adalah, orang tua akan mendapatkan 400 video tutorial yang dikembangkan oleh terapis, grafik untuk mencatat perkembangan anak, dan berbagai gim menyenangkan yang bisa dimainkan bersama anak.

Baca Juga: Anak berkebutuhan khusus, pintu menuju surga

3. Be My Eyes

Be My Eyes adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu penderita tuna netra serta orang yang memiliki gangguan penglihatan. Aplikasi untuk anak berkebutuhan khusus ini ada di Android. Aplikasi ini terintegrasi oleh ribuan sukarelawan yang akan membantu mereka yang memiliki kebutuhan khusus supaya bisa melihat dunia dengan lebih jelas.

4. AutiSpark

Aplikasi ini ada di Android. Seluruh game pembelajaran bagi anak-anak autisme pada aplikasi ini telah mendapatkan persetujuan dari terapis dan para ahli. Aplikasi ini menyediakan banyak game edukatif yang sangat interaktif untuk merangsang kemampuan wicara dan motorik anak autis.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat pengenalan suara, pengenalan gambar, pengenalan mengeja dan lainnya.

5. Birdhouse for Special Needs

Aplikasi yang satu ini dibuat untuk orang tua dengan anak berkebutuhan khusus agar mereka bisa mencatat berbagai perkembangan anak, memperoleh informasi medis dari sejumlah ahli, mengecek nutrisi makanan bagi anak dan berbagai info terkait terapi yang lain.

Demikian informasi mengenai daftar aplikasi untuk ABK yang sebaiknya Anda ketahui. Diharapkan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih ini bisa membantu serta dimanfaatkan dengan bijak demi tumbuh kembang anak.