Anak Berkebutuhan Khusus / ABK Jalan Menuju Pintu Surga

By | Agustus 23, 2021

ABK atau singkatan dari Anak Berkebutuhan Khusus dapat memberi sebuah kebahagiaan. Bahkan ABK ini bisa menjadi sosok anak sholeh sholehah yang akan membukakan pintu surga bagi Bunda. ABK jalan menuju pintu surga bagi Bunda yang mau mengayomi, mendidik dan merawatnya dengan baik.

Anak yang menjadi jalan surga untuk orangtuanya

ABK Jalan Menuju Pintu Surga
ilustrasi ABK sedang belajar via parentmap.com

Ungkapan tersebut diberikan sebagai pesan dari Kuliah WhatsApp oleh Dosen Fakultas Psikologi di Universitas Muhammadiyah Jember, Provinsi Jatim, Dra. Festa Yumpi M.Psi. Kuliah whatsApp tersebut diselenggarakan pada tanggal 10 Februari 2021 tepatnya di hari Rabu Malam. Bersama dengan bunda-bunda dalam komunitas dengan tema yang menarik terkait ABK jalan menuju pintu surga.

Pesan tersebut menjawab sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh Bunda Euis yang berusia 26 tahun dan memiliki anak dengan usia 9 bulan. Bunda tersebut bertanya apakah bisa mengharapkan ABK untuk menjadi anak yang saleh dan membahagiakan.

Dra. Festa pun mengungkapkan bahwa hal tersebut tentu bisa sekali. Bunda harus menggunakan meaning yang powerful, yakni meaning yang berasal dari kitab suci umat Islam supaya Bunda dapat menemukan makna menjadi seorang wali pilihan.

Menurut risetnya, Festa menemukan beberapa makna mempunyai ABK, antara lain ABK jalan menuju pintu surga.

“Aku adalah seorang wali atau orang tua pilihan sebab Allah menilaiku mampu untuk mengemban amanah ini, dan InshaAllah ini akan menjadi sebuah amalan yang penuh hikmah. Aku selalu yakin bahwa Allah tidak akan memberikan ujian yang melebihi batas kemampuan hambaNya”, ucap Festa.

Baca Juga: Tahapan perkembangan bicara anak normal

Hal tersebut merupakan contoh dari nilai religiusitas sebagai sistem kepercayaan yang mampu menjaga optimisme sebagai orang tua. Adapun dari segi makna secara pribadi, ABK merupakan kondisi anak yang mengalami gangguan pada perkembangan syaraf di masa mereka kanak-kanak dan ini berpengaruh pada gangguan emosi, kognitif dan juga motorik.

Baca Juga  7 Keterampilan Vokasional Yang Dapat Diajarkan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Dengan demikian, anak mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dalam berinteraksi sosial, berperilaku dan juga berkomunikasi. Tema-tema spesial berdasarkan kondisi serta permasalahan yang Bunda alami seperti ini sering menjadi tema dari kuliah whatsApp.

Sebagai tambahan, perlu juga untuk menyimak kisah dari Joanna Alexandra yang dititipi putri bungsu pengidap penyakit langka. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk tetap sabar dan semangat dalam mengemban tugas sebagai orang tua ABK.

Anak Berkebutuhan Khusus sebagai Tabungan Amal Orangtua

Di dalam kitab suci AL-Qur’an juga disebutkan bahwa anak merupakan tabungan amal orang tua kelak saat di akhirat. Jika orang tua mengajarkan hal kebaikan untuk anaknya, maka amal dari sang anak tersebut juga bisa mengalir pada orang tuanya.

Begitupun dengan ABK. Mereka juga mempunyai keistimewaan apabila dilihat dari kacamata Islam. ABK jalan menuju pintu surga bagi orang tua kelak

Menurut pendapat Ust. Oemar Mita, ciptaan Allah SWT tidak akan pernah dinamakan produk gagal. ABK seperti autisme dan down syndrome bukan produk gagal. Keistimewaan mereka terletak ketika yaumul hisab kelak.

Mereka hanya akan ditanya dengan pertanyaan sederhana apakah mengenal Allah atau tidak. Jika jawabannya iya, maka tentu akan dimasukkan dalam surga.

Allah SWT pasti akan mengganti penderitaan di dunia dengan berbagai kenikmatan kelak di akhirat. Allah memberikan yang terbaik pada setiap takdir yang terjadi pada kita. Ada sebagian anak yang terlahir dalam kondisi yang semacam itu bukan berarti mereka tidak sempurna.

Namun kesempurnaan mereka adalah rahasia Allah untuk umat pilihanNya. ABK jalan menuju pintu surga bagi orang tua yang sabar dan mau mengajarkan kebaikan.