3 Anak Berkebutuhan Khusus yang Sukses

By | September 26, 2021

Setiap anak yang dilahirkan ke dunia ini merupakan anugerah dari Tuhan YME yang harus dirawat, dipelihara dan dijaga dengan baik. bagaimanapun keadaan dan kondisi si kecil saat lahir, mereka tetap membawa kebahagiaan untuk keluarga. Tak terkecuali anak yang terlahir dalam kondisi tidak normal. Banyak anak berkebutuhan khusus yang sukses dalam hidup mereka.

Anak Berkebutuhan Khusus yang Sukses

Anak Berkebutuhan Khusus yang Sukses
Anak Berkebutuhan Khusus yang Sukses via boredpanda.com

Tidak sedikit keluarga yang mengklaim bahwa kehadiran bayi berkebutuhan khusus bisa menimbulkan banyak masalah, khususnya untuk kedua orang tua. Akan tetapi, apabila kita memperhatikan sekaligus merawat anak dengan baik, bisa saja mereka akan memiliki talenta luar biasa yang lebih dari lainnya.

Berikut ini daftar nama anak berkebutuhan khusus yang sukses dengan karir yang mereka jalani.

1. Stephanie Handoyo

Gadis kelahiran 5 November 1991 ini adalah anak dengan gangguan down syndrome yang sukses memecahkan rekor MURI pemain piano yang dapat membawakan 22 jumlah lagu secara berturut-turut.

Selain itu, Stephanie juga berhasil memperoleh berbagai piala penghargaan seperti juara 1 bidang renang dengan gaya dada sejaun 50 m pada PON Special Olympic Indonesia tahun 2010 serta gaya dada sejauh 50 m Specual Olympics World Summer Games tahun 2011 Athena.

Stephanie adalah putri dari pasangan Santoso Handojo dan Maria Yustina yang sejak kecil sudah mengikuti berbagai kegiatan positif terutama bidang olahraga bulutangkis dan renang. Bahkan, ketika menginjak umur 12 tahun, Stephanie berhasil mendapatkan juara pertama dalam kejuaraan Porcada.

Baca Juga: Rekomendasi olahraga untuk down syndrome

2. Reviera Novitasari

Anak berkebutuhan khusus yang sukses berikutnya adalah Reviera Novitasari. Putri yang lahir tanggal 30 Oktober 1993 ini adalah anak dengan gangguan down syndrom yang sukses meraih medali perunggu saat berenang sejauh 100 m dengan gaya bebas dalam kejuaraan renang internasional yang diselenggarakan di Canberra, Australia.

Baca Juga  5 Homeschooling Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

Kemampuannya dalam berenang sudah lebih menonjol sejak kecil dari pada penyandang cacat yang lain. Orang tua Reviera yang sadar dengan bakat terpendam anaknya tersebut memberikan fasilitas untuknya agar di bisa berlatih renang setidaknya dua kali dalam seminggu di Club Special Olympic Indonesia.

Penderitaan yang dialami oleh sosok Reviera memang tidak terbayangkam sebelumnya. Bahkan, orang tuanya pun juga belum bisa menerima kehadirannya selama lebih dari 3 tahun. Hingga pada akhirnya Reviera disekolahkan di SLB Dian Grahita Kemayoran.
Saat kelas 2 SMP hal di luar dugaan pun terjadi, Reviera mementahkan ramalan dari dokter dengan kemampuannya untuk bisa membaca, menulis dan juga berhitung.

3. Rafi Abdurrahman Ridwan

Memiliki keterbatasan alat indra tak menghalangi sosok Rafi yang lahir tanggal 20 Juli 2002 di Jakarta tersebut untuk berprestasi dan berkarya sebagai desainer kecil. Melalui busana yang dirancangnya, nama Rafi bahkan melambung hingga ke luar negeri.

Anak berkebutuhan khusus yang sukses ini mengalami tuna rungu sejak ia dilahirkan. Derita yang dialami oleh Rafi ini berkaitan dengan virus Rubella ketika ia masih di dalam kandungan. Sedari kecil, Rafi sangat suka menggambar dan beranjak dewasa kreativitasnya dalam menggambar semakin terasah.

Coretan kasar rafi mengenai berbagai baju kian lama kian berubah menjadi suatu desain fashion yang unik. Siapa sangka bahwa dari coretan asal itulah, karya Rafi menjadi diakui bukan hanya di negara Indonesia saja, namun juga beberapa negara tetangga yang lain.

Nah, itulah daftar nama anak berkebutuhan khusus yang sukses dan berhasil meraih keberhasilan dengan keterbatasan yang dimiliki. Dengan kondisinya yang seperti itu, mereka terus bersemangat dalam berkarya hingga berhasil meraih kesuksesan hingga membanggakan orang tua mereka. Untuk kita yang lahir tanpa keterbatasan sebaiknya kita lebih bersyukur dan bersemangat dalam mengembangkan diri menuju kesuksesan.