5 Keterampilan Sederhana Untuk Autis Yang Perlu Diajarkan

By | Desember 22, 2021

Keterampilan sederhana untuk autis berikut ini sangat penting diajarkan sejak dini. Anak autis sendiri adalah seseorang anak yang mengalami masalah interaksi sosial dan komunikasi yang sangat berat sehingga memerlukan layanan dan pendidikan khusus untuk mengembangkan potensinya.

Tujuan melatih keterampilan yakni supaya anak autis nantinya bisa mandiri mengerjakan hal-hal yang sifatnya mendasar. Lalu apasih keterampilan sederhana yang hendaknya dikuasai anak autis?. Berikut adalah urain selengkapnya.

Keterampilan sederhana untuk autis

keterampilan sederhana untuk autis
ilustrasi anak sedang makan via myfooddiary.com

Mencuci tangan

Keterampilan sederhana untuk autis yang pertama yaitu mencuci tangan. Mencuci tangan merupakakan kegiatan untuk membersihkan tangan setelah melakukan suatu aktivitas maupun sebelum memulai aktivitas. Kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dan mencegah penularan penyakit.

Pada kegiatan ini anak bisa diajarkan dari mulai membuka kran, menuangkan sabun, teknik mencuci, membilas, serta membereskan peralatan.

Makan dan Minum

Makan merupakan kebutuhan dasar manusia. Tanpa makan kita tentu tidak bisa hidup. Untuk itu anak autis juga perlu dilatih makan sejak dini supaya mereka tidak bergantung pada orang lain. Pada kegiatan ini anak dilatih untuk memegang alat makan, mengambil makanan, minum, hingga membereskan setelah selesai.

Baca Juga: Kunci dalam mendidik anak autis

Memakai sepatu

Keterampilan sederhana selanjutnya adalah memakai sepatu. Kegiatan ini penting untuk melindungi kaki anak dari benda-benda tajam utamanya saat kegiatan diluar. Memakai sepatu biasanya sering dilakukan oleh anak sebelum berangkat sekolah. Oleh karena itu sedini mungkin sebaiknya anak dilatih pada kegiatan ini supaya nantinya bisa mengurangi kerepotan orang tua.

Mandi

Mandi adalah kegiatan untuk membersihkan badan dari keringat maupun kotoran. Dengan mandi, seseorang akan menjadi lebih segar dan nyaman. Oleh karena itu sejak dini anak perlu dilatih supaya bisa mandiri. Adapun cakupan kegiatan mandi ini antara lain mulai dari melepas pakaian, sikat gigi, membersihkan badan dengan sabun, mencuci rambut dengan shampo, menggunakan handuk, hingga memakai pakaian.

Baca Juga  Anak Terlambat Bicara? Tenang, Si Kecil Belum Tentu Autis!

Merapikan tempat tidur

Kegiatan yang terahir yaitu merapikan tempat tidur. Kegiatan ini walaupun sederhana tetapi penting untuk perkembangan anak. Kegiatan ini melatih anak untuk disiplin serta melatih dalam hal kerapian. Disini anak bisa diajarkan melipat seliput, dan menata bantal maupun guling.

Demikian keterampilan sederhana untuk autis yang perlu dilatih atau diajarkan orang tua. Memang tidak mudah dalam melatih anak. Perlu adanya kesabaran dan konsistensi. Kuncinya adalah menggunakan analisis tugas (kegiatan dipecah dalam sub kegiatan) untuk mempermudah. Kemudian ajarkan dari hal yang mudah ke yang sulit.