5 Kunci Mendidik Autis Yang Bisa Anda Terapkan Di Rumah

By | Oktober 30, 2021

Kunci mendidik autis pada artikel ini bisa menjadi referensi orang tua yang memiliki anak dengan autism. Sehingga anak dapat tumbuh dengan optimal sesuai potensi yang ada. Untuk lebih jelasnya untuk itu silahkan simak hingga akhir artikel.

Sebelum masuk pembahasan, perlu diperjelas kembali mengenai pengertian autis. Jadi Autis atau autism merupakan kondisi seseorang yang mengalami hambatan interaksi sosial yang parah yang ditandai anak tidak mau melakukan kontak mata diajak berbicara, tidak mau berinteraksi dengan orang lain, dan sibuk dengan dunianya sendiri.

Dari kondisi yang dialami anak autis, maka dari itu sejak dini orang tua harus memberikan layanan khusus bagi anak. Selain memasukkan anak ke dalam sekolah khusus, orang tua juga bisa mendidik anak dengan cara berikut ini.

Kunci Mendidik Autis

Kunci Mendidik Autis
anak autis via rocketcitymom.com

1. Berikan Contoh Langsung

Dalam mendidik anak autis sebaiknya mulai dengan lakukan contoh langsung dari orang tua. Contoh yang bisa dilakukan orang tua seperti membuang sampah di tempat sampah, makan dan minum di meja makan, menjaga kebersihan, maupun aktivitas positif lainnya. Melalui pengamatan, anak dapat belajar kebiasaan yang dilakukan orang tua.

2. Terjadwal

Dalam hal ini orang tua perlu mendidik anak autis dengan terjadwal dan rutin. Orang tua bisa melatih anak mulai dari makan tiga kali sehari di jam yang sama setiap hari. Begitu juga misal dalam melatih mandi, bisa dilakukan dua kali sehari di jam yang sama. Dengan begitu kebiasaan pada anak akan tercipta.

3. Lakukan dengan analisis tugas

Mungkin dari anda masih anda yang belum paham mengenai analisis tugas. Jadi analisis tugas atau task analysis merupakan kegiatan utuh yang dipecah-pecah kedalam tugas-tugas kecil supaya anak lebih mudah memahami bagian per bagian.

Baca Juga  Siapa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)? Berikut Jawabannya

Baca Juga: Cara mengajar anak autis membaca lancar

Contohnya adalah bila orang tua ingin mengajarkan tentang menyikat gigi. Anak bisa dilatih mulai dari memegang sikat gigi, kemudian dilanjut cara menuangkan pasta gigi, dan seterusnya hingga seluruh kegiatan bisa dikuasai dengan baik.

4. Ajari dari yang paling sederhana

Kunci mendidik autis selanjutnya adalah ajari anak dari yang paling sederhana. Orang tua perlu melakukan sedikit demi sedikit dengan sabar, dan jangan langsung ke yang rumit sebelum keterampilan sederhana belum dikuasai supaya anak tidak frustrasi.

5. Berkelanjutan

Kunci terakhir adalah lakukan secara berkelanjutan hingga membentuk kebiasaan baik. Kedisiplinan dan ketegasan orang tua sangat penting disini supaya apa saja yang diajarkan dapat dikuasai anak.

Demikianlah kunci mendidik autis, semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi orang tua yang memiliki anak dengan autisme. Jangan lupa bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat, terima kasih.

2 thoughts on “5 Kunci Mendidik Autis Yang Bisa Anda Terapkan Di Rumah

  1. Pingback: 5 Manfaat Terapi Musik Modern Untuk Anak Autis

  2. Pingback: 5 Keterampilan Sederhana Untuk Autis Yang Perlu Diajarkan

Comments are closed.