5 Mainan Edukasi Tunanetra Yang Bermanfaat Untuk Perkembangan

By | November 10, 2021

Mainan edukasi tunanetra berikut ini bermanfaat untuk tumbuh kembang. Hilangnya salah satu indera yakni penglihatan yang dialami oleh tunanetra tentu berdampak dalam kehidupannya. Oleh karena itu sejak anak masih kecil, orang tua harus menstimulasi melalui berbagai cara salah satunya menggunakan mainan edukasi.

Memang anak tunanetra memiliki masalah yakni kurang atau tidak berfungsinya indera penglihatan. Namun demikian hilangnya salah satu indera akan membuat indera lain yang masih berfungsi bisa jauh lebih sensitif. Tantangan orang tua adalah mengembangkan indera lain yang masih berfungsi sedini mungkin.

Berikut ini adalah beberapa mainan edukasi tunanetra yang bisa diberikan orang tua sejak anak masih kecil. Beberapa permainan ini dapat melatih kemampuan anak baik kognitif maupun juga motorik halus. Semoga bisa menjadi referensi anda.

Mainan Edukasi Tunanetra

Mainan Edukasi Tunanetra
Contoh Mainan Edukasi Tunanetra via amazon.com

1. Miniatur patung

Mainan anak tunanetra bermanfaat yang pertama yakni miniatur patung. Mainan ini bisa digunakan untuk memperkenalkan anak mengenai sesuatu melalui indera perabaan, misalnya saja nama hewan. Melalui kegiatan meraba anak bisa mengetahui ciri-ciri hewan tertentu.

2. Lego

Lego merupakan mainan yang sangat populer dimainkan anak-anak di seluruh dunia. Permainan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan motorik halus anak melalui kegiatan menyusun potongan-potongan lego menjadi bentuk tertentu.

Permainan ini juga bermanfaat bagi tunanetra untuk melatih indera perabaan. Perlu diketahui juga bahwa lego ini juga terdapat khusus yang dibuat untuk anak tunanetra.

alat bantu untuk anak tunanetra atau buta

3. Alat musik

Tunanetra bisa distimulasi indera pendengaran sejak kecil melalui alat musik tertentu. Bila anak masih kecil bisa diberikan alat musik drum atau bahkan piano kecil. Banyak tunanetra ketika dewasa terampil bermain musik hingga bernyanyi.

4. Bola tunanetra

Mungkin anda bertanya apa bedanya bola tunanetra dengan bola biasa. Jadi bola tunanetra adalah sebuah bola yang bisa memunculkan suara gemrincing bila dilempar atau ditendang. Bola tersebut bisa berbunyi karena didalamnya terdapat lonceng kecil. Mainan ini bermanfaat bagi tunanetra untuk melatih kepekaan atau sensitifitas pendengaran.

Baca Juga  Berikut ini 4 Sekolah Khusus Bagi Anak Autis Di Daerah Solo

Baca Juga: Digital magnifier, alat penting bagi tunanetra low vision

5. Catur tunanetra

Mainan edukasi tunanetra terakhir adalah catur. Mainan ini juga merupakan jenis olahraga yang melatih berfikir. Untuk bentuknya sebetulnya seperti catur pada umumnya namun terdapat lubang supaya tidak mudah jatuh dan terdapat tanda untuk membedakan catur hitam dan putih.

Demikianlah artikel mengenai beberapa mainan edukasi untu tunanetra semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang dunia anak berkebutuhan khusus di situs ini.

2 thoughts on “5 Mainan Edukasi Tunanetra Yang Bermanfaat Untuk Perkembangan

  1. Pingback: 6 Jenis SLB Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

  2. Pingback: 5 Nasehat Keuangan Untuk ABK Yang Perlu Ditanamkan Sejak Dini

Comments are closed.