7 Pengertian Populasi Menurut Pendapat Para Ahli

By | Mei 12, 2021

Pengertian populasi adalah suatu kumpulan baik subjek ataupun objek dengan karakteristik tertentu yang ditetapkan peneliti untuk selanjutnya dipelajari dan diambil suatu kesimpulan. Berikut ini adalah pengertian populasi yang lain menurut pendapat para ahli.

Pengertian Populasi Menurut Pendapat Para Ahli

pengertian populasi
Populasi via milwaukeeindependent.com

Sugiyono (2010 : 117) menjelaskan pengertian populasi yakni suatu kelompok dari objek maupun subjek dimana memiliki karakteristik serta kualitas tertentu yang ditetapkan oleh peneliti dengan tujuan untuk dipelajari dan selanjutnya ditarik suatu kesimpulan.

Baca Juga: Pengertian penelitian kuantitatif

Sugiyono (2011: 80) dibuku lainnya juga menguraikan pengertian populasi merupakan area generalisasi yang mana terdiri dari objek atau subjek yang memiliki karakteristik dan kualitas tertentu yang ditentukan peneliti untuk kemudian dipelajari serta ditarik kesimpulan.

Suharsimi Arikunto (2006:130) menjelaskan pengertian populasi dengan padat dan jelas yaitu merupakan keseluruhan objek suatu penelitian.

Husaini Usman (2006: 181) menjelaskan populasi merupakan semua nilai, hasil pengukuran maupun hasil perhitungan, baik kuantitatif maupun kualitatif dari karekteristik tertentu berkait kelompok objek yang jelas dan lengkap.

Morissan (2012: 19) mengemukakan pendapat tentang populasi yaitu merupakan kumpulan variabel, subjek, konsep, ataupun fenomena. Peneliti bisa meneliti setiap anggota populasi demi mengetahui sifat populasi yang bersangkutan.

Sudjana (2010: 6) menjelaskan istilah populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin, hasil perhitungan ataupun pengukuran, baik kuantitatif maupun kualitatif tentang karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang jelas serta lengkap yang ingin mempelajari sifat-sifatnya.

Howell (2011: 7) mengistilahkan populasi sebagai suatu kumpulan dan peristiwa yang mana anda tertarik pada peristiwa tersebut.

Baca Juga: Pengertian penelitian kualitatif

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Husaini Usman. (2006). Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Howell D. C. 2011. Fundamental and Statistics for the Behavioral Sciences. USA: Wadsworrth

Morissan M., dkk. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nana Sudjana. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Baca Juga  5 Cara Orang Tua Melatih Keterampilan Sosial Pada Anak Sejak Dini