Syarat Guru SLB Apa? Simak Artikel Ini Supaya Tahu Jawabannya

By | Juni 15, 2021

Syarat guru SLB berikut ini bisa menjadi tambahan referensi untuk anda yang ingin mendaftar menjadi guru SLB. Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan simak pada artikel berikut ini sampai selesai.

Guru SLB merupakan seseorang yang mengabdikan dirinya untuk menjadi pendidik bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang umumnya bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB). Mereka bisa mengajar siswa yang mengalami tunanetra, tunadaksa, tunarungu, tunagrahita, autis, tunalaras maupun kekhususan lainnya.

syarat guru SLB
Guru slb via ebshealthcare.com

Di dalam Sekolah Luar Biasa (SLB) terdapat berbagai guru dari latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Hal demikian karena dalam mengajar siswa ABK memerlukan multidisiplin ilmu, maksudnya dalam mendidik ABK memerlukan disiplin ilmu yang berbeda-beda, mulai dari guru kelas hingga guru-guru yang memang berlatar belakang pendidikan dan keahlian tertentu. Sehingga nantinya anak selain berkembang secara akademik juga berkembang segi keterampilan hidup.

Lalu apasih syarat untuk menjadi seorang guru SLB? Berikut ini adalah ulasannya yang penulis bagi kedalam dua bidang.

Syarat Untuk Menjadi Guru SLB

Guru Kelas

Guru yang pertama adalah guru kelas. Guru ini umumnya memiliki ijazah dengan latar belakang kuliah S1 jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) dari Universitas tertentu. Sehingga sudah memiliki kemampuan dalam mendidik ABK dari berbagai kekhususan. Untuk tugas guru kelas ini mengajar berbagai mata pelajaran umum mulai dari SDLB, SMPLB, hingga SMALB.

Baca Juga: Gaji guru Sekolah Luar Biasa

Guru Keterampilan

Guru selanjutnya adalah guru keterampilan. Guru keterampilan di SLB umumnya mengajar pada keterampilan tertentu sesuai bidangnya. Nah untuk latar belakang pendidikannya bermacam-macam sesuai kebutuhan sekolah, ada yang lulusan seni musik untuk guru musik, lulusan tata boga untuk guru memasak, lulusan teknik busana untuk guru desain baju atau menjahit, dll.

Baca Juga  5 Fakta Kejuaraan Balap Kursi Roda Disabilitas Yang Mengejutkan

Kita tahu bahwa ABK ketika sudah memasuki SMPLB maupun SMALB sudah diarahkan pada keterampilan fungsional sehingga diharapkan setelah lulus memiliki keterampilan untuk kemandirian hidup.

Baca Juga: Meningkatkan inisiatif anak berkebutuhan khusus

Bila anda tertarik menjadi guru SLB bisa mendaftar melalui seleksi CPNS maupun kontrak daerah dengan persyaratan yang sudah ditentukan, maupun langsung mendaftar ke sekolah dengan status honorer.

Demikianlah syarat guru SLB yang harus anda penuhi bila ingin bekerja menjadi pendidik bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi tambahan referensi bagi anda, terima kasih.

One thought on “Syarat Guru SLB Apa? Simak Artikel Ini Supaya Tahu Jawabannya

  1. Pingback: 5 Ucapan Yang Dihindari Saat Berbicara Pada ABK

Comments are closed.