Menginspirasi: 6 Tokoh Disabilitas Berpengaruh Di Dunia

By | Maret 24, 2020

Setiap orang berhak sukses untuk mencapai cita-citanya agar mendapatkan kehidupan yang diidamkan. Kesuksesan bisa didapatkan oleh siapaun termasuk seseorang penyandang disabilitas. Kita harus membantu penyandang disabilitas untuk tetap semangat dalam meraih apa yang diinginkan, karena siapa tahu mereka akan memberikan pengaruh besar di dunia. Buktinya banyak sekali tokoh disabilitas berpengaruh yang mampu menginspirasi masyarakat. 

Ketahui Tokoh Disabilitas Berpengaruh di Dunia

Tokoh disabilitas berpengaruh
Tokoh disabilitas berpengaruh

Disabilitas berasal dari kata difabel yang berarti seseorang memiliki kondisi berbeda dengan lainnya. Kondisi berbeda maksudnya yaitu keterbatasan fisik dan mental sehingga sulit untuk melakukan kegiatan sehari-harinya. Meskipun memiliki keterbatasan fisik, tokoh disabilitas berpengaruh dunia tetap memiliki jiwa semangat tinggi sehingga menjadi sukses. Sama halnya dengan manusia normal lainnya. 

Penasaran siapa saja tokoh disabilitas berpengaruh yang sangat terkenal di dunia? Berikut merupakan tokoh-tokoh disabilitas yang harus diketahui. 

1. Tony Melendez

tokoh disabilitas berpengaruh : tony melendez
Tony Melendez via victoriusnews.com

Tony Melendez berasal dari Nikaragua yang memiliki keterbatasan fisik yakni tidak mempunyai tangan namun, Kita mengenal bahwa Tony Melendez sangat lihai memainkan beberapa alat musik. Tentu saja Tony Melendez tidak putus asa dalam belajar aneka macam musik meskipun tidak memiliki tangan.

Tony memakai bagian tubuh lainnya untuk belajar alat musik. Kini berkat kegigihannya, Tony Melendez dikenal sebagai pemain gitar, harmonika dan mengeluarkan album. 

2. Antony Robles 

Tokoh disabilitas berpengaruh : Antony Robles
Antony Robles via colorlines.com

Tokoh disabilitas berpengaruh selanjutnya ada Antony Robles. Pria Amerika yang memiliki keterbatasan fisil. Tony hanya memiliki satu kaki saja tetapi keterbatasan fisik yang dimilikinya, tidak membuat dirinya terpuruk. Buktinya Antony belajar menekuni dunia olahraga gulat sampai sekarang sudah menjadi profesional. Banyak penghargaan yang diraihnya. 

3. Nick Vujicic 

Tokoh disabilitas berpengaruh : Nick Vijicic
Nick Vijicic via hariansib.com

Siapa yang tidak kenal dengan ick vujinic, pria asal Australia yang terlahir tanpa tungkai dan tanpa lengan ini sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Menurut dokter, nick memiliki tetra amelia syndrome. Keterbatasan fisik tersebut pernah membuatnya terpuruk, akan tetapi bangkit lagi. Akhirnya nick sekarang menjadi motivator yang memberikan pengaruh baik baik masyarakat dunia. 

Baca Juga  Kajian Teori: 7 Pengertian Tunarungu Berdasarkan Pendapat Para Ahli

4. Stevier Wonder

Stevier wonder
Stevier wonder via cnn.com

Stevier wonder tidak bisa melihat karena menderita kebutaan sejak lahir. Dengan kekurangan fisik yang dideritanya, Stevier berani bangkit dan menjadi tokoh disabilitas berpengaruh. Stevier Wonder piawai dalam menyanyi, memainkan alat musil, menulis lagu hingga menjadi produser bagi dapur rekaman miliknya. 

5. Marlee Matlin

Marlee Matlin
Marlee Matlin via crn.com

Aktris terkenal Marlee Matlin ternyata penyandang disabilitas. Marlee menderita cacat koklea yang menyebabkan gangguan pada pendengarannya. Tetapi keterbatasan tidak membuatnya turun semangat. Marlee membuktikan bahwa dirinya bisa, usahanya terbukti karena Marlee sukses menjadi aktris dan memenangkan Golden Globe Award dan Academy Award. 

6. Frida Kahlo

Frida Kahlo
Frida Kahlo barnebys.com

Frida Kahlo adalah seorang seniman yang terkenal. Fridak merupakan pelukis berbakat yang karnyanya banyak disukai oleh pecinta lukisan. Dibalik kesuksesannya, fisik frida memiliki keterbatasan. Pasalnya di usia 6 tahun, Frida terkena polio yang menyebabkan ukuran kaki kanannya lebih kecil dibandingkan dengan kaki kirinya.  

Nah itulah beberapa tokoh disabilitas berpengaruh yang wajib diketahui oleh Kita. Anda juga membaca disabilitas berprestasi di Indonesia. Dengan mengetahui tokoh-tokoh disabilitas membuat Anda lebih terinspirasi, sehingga lebih semangat dalam menggapai cita-cita. Serta mempersiapkan hidup yang lebih baik untuk masa depan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *