5 Universitas Yang Membuka S2 PLB (Pendidikan Luar Biasa) di Indonesia

By | April 25, 2020

Pendidikan Luar Biasa merupakan salah satu jurusan atau program studi, umumnya berada di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) atau semacamnya dalam suatu Universitas. Sekarang jurusan ini mulai dilirik oleh orang yang akan menginjak jenjang perguruan tinggi karena prospek kerjanya yang cerah. Sehingga mulai banyak perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang membuka jurusan PLB khususnya pada jenjang S1.

Ilustrasi salah satu universitas yang membuka S2 PLB
Halaman depan UNY

Namun tidak hanya S1, saat ini perguruan tinggi utamanya yang berstatus PTN atau Perguruan Tinggi Negeri juga telah membuka pada jenjang pascasarjana S2 PLB. Walaupun tidak banyak, berikut ini beberapa Universitas di Indonesia yang sudah membuka S2 PLB. Bila anda ingin menjadi seorang dosen di bidang PLB maka salah satu kampus ini bisa menjadi pilihan anda.

Universitas yang membuka S2 PLB (Pendidikan Luar Biasa):

1. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia atau biasa disingkat UPI merupakan perguruan tinggi yang terkenal sejak lama. Kampus ini merupakan salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan S2 PLB. Berada di Bandung, Jawa Barat, kampus ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memperdalam ilmu penanganan anak berkebutuhan khusus pada jenjang strata dua.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta atau disingkat UNY merupakan salah satu perguruan tinggi Negeri yang membuka S2 PLB. Walaupun jurusan S2 PLB berdiri belum terlalu lama, namun jurusan ini diampu oleh tenaga pendidik yang profesional dan ahli di bidangnya. Kampus ini berada di Kabupaten Sleman, DIY, dan bisa menjadi pilihan bila anda ingin berkuliah di kota pendidikan.

3. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret disingkat UNS adalah salah satu kampus Negeri yang ada di Kota Solo. Merupakan salah satu kampus terkenal di Indonesia, perguruan tinggi ini membuka berbagai jurusan salah satunya adalah S2 PLB. Disini kita akan belajar mempelajari ilmu dalam penanganan anak berkebutuhan khusus dengan lebih dalam.  

Baca Juga  Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus ABK Untuk Konferensi Kasus

4. Universitas Negeri Surabaya

Universitas yang membuka S2 jurusan PLB selanjutnya adalah Universitas Negeri Surabaya atau biasa disingkat UNESA. Perguruan tinggi ini bisa menjadi pilihan bila anda tertarik menjadi dosen PLB. Letak kampus ini berada di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

5. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang atau disingkat UM adalah kampus yang berada di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Kampus ini merupakan salah satu kampus pendidikan yang banyak diminati di Indonesia. Perguruan tinggi ini telah membuka berbagai jurusan termasuk S2 PLB. Bila teman-teman tertarik pada jurusan tersebut maka UM bisa menjadi pilihan teman-teman utamanya yang berada di Jawa Timur.

Demikian tadi artikel mengenai Universitas yang membuka S2 PLB, semoga informasi ini berguna bagi teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan tentang anak berkebutuhan khusus. Anda juga bisa membaca artikel lainnya yang membahas seputar anak berkebutuhan khusus dalam situs ini, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *