Kursi Roda Elektrik dan Manual: Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangannya

By | Juni 12, 2019

Terdapat beberapa jenis kursi roda yang digunakan saat ini seperti kursi roda elektrik dan manual , kelebihan dan kekurangan masing-masing diuraikan dalam artikel ini.

Ilustrasi seorang wanita mendorong orang dengan kursi roda

Kursi roda sendiri merupakan alat bantu berpindah yang sangat penting utamanya bagi penyandang disabilitas tunadaksa atau pasien yang mengalami suatu hal sehingga tidak mampu berjalan.

Kursi Roda Elektrik

Kursi roda elektrik merupakan jenis kursi roda yang mampu bergerak dikarenakan adanya motor listrik, yang digunakan oleh penyandang disabilitas seperti tunadaksa, pasien yang mengalami kondisi tertentu sehingga tidak bisa berjalan, maupun orang yang sudah lansia.

Kelebihan

Meningkatkan kemandirian

Penggunaan kursi roda elektrik meningkatkan kemandirian, mengapa demikian?. Karena dengan menggunakan korsi roda jenis tersebut pengguna tidak memerlukan bantuan dorongan dari orang lain. Kemudian berguna sekali bagi orang pengguna kursi roda yang sudah tua dengan fisik yang sudah lemah.

Dapat bergerak lebih leluasa

Pengguna menggunakan kursi roda jenis ini dapat bergerak leluasa karena penggunaan yang mudah serta tidak perlu dorongan dari orang lain.

Lebih mudah dalam penggunaan

Penggunaan kursi roda jenis elektrik ini dapat dioperasikan dengan mudah tanpa perlu memutar roda sendiri. Pengguna hanya perlu menggerakkan tuas untuk maju, mundur, ataupun berbelok, sehingga memudahkan dalam penggunaan.

Kekurangan

Harga lebih mahal

Kursi roda jenis elektrik tergolong cukup mahal karena menggunakan tenaga mesin tanpa harus menggunakan dorongan manusia. Penggunaan mesin tersebut yang membuat jenis kursi roda ini lebih mahal. Harga kursi roda elektrik di Indonesia bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta tergantung kualitas.

Perawatan lebih sulit

Perawatan kursi roda jenis elektik tentu lebih sulit karena terdiri beberapa komponen yang harus dijaga dengan baik, bagian mesin juga sebaiknya jangan terkena air supaya tetap awet.

Baca Juga  10 Tokoh Dunia Penyandang Disabilitas yang Sangat Menginspirasi

Relatif lebih berat

Kursi roda jenis elektrik kekurangan yang lain biasanya lebih berat dikarenakan terpasang komponen mesin yang memungkinkan kursi dapat bergerak tanpa didorong. Maka tips yakni memilih kursi roda elektrik dengan rangka yang ringan agar mudah dibawa kemana-mana.

Memerlukan isi daya baterai

Pengguaan baterai pada kursi roda elektrik tentunya akan membutuhkan isi daya atau pengecasan bila baterai sudah habis apabila ingin terus digunakan secara otomatis.

Kursi roda elektrik dan manual

Kursi Roda Manual

Kursi roda manual merupakan jenis kursi roda yang didorong, dikayuh atau diputar rodanya menggunakan tangan (tanpa mesin atau motor listrik).

Kelebihan

Perawatan sederhana

Merawat kursi roda manual lebih sederhana dan cenderung sangat sederhana. Pengguna hanya perlu mengelap rangka bagian per bagian agar selalu bersih dan terhindar dari korosi.

Dapat digunakan setiap waktu

Jenis kursi roda manual dapat digunakan setiap saat karena tidak perlu adanya pengisian daya baterai.

Kekurangan

Didorong secara manual

Tidak adanya mesin atau motor penggerak menyebabkan jenis kursi roda ini hanya mampu digerakkan secara manual menggunakan kayuhan tangan, maupun didorong.

Membutuhkan tenaga yang cukup banyak

Menggerakkan kursi roda jenis ini membutuhkan tenaga yang cukup banyak apabila bila ingin bergerak menuju ke tempat yang agak jauh.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan menggunakan kursi roda elektrik dan manual , tentu semua ada kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

One thought on “Kursi Roda Elektrik dan Manual: Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangannya

  1. Pingback: Kursi roda Traveling : 5 Keunggulan yang menarik untuk diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *